Gubernur Tanam Mangrove Bersama Bupati di Kawasan Watumejo Mangrove Park

oleh -Dibaca 842 kali
NANDUR MANGROVE. Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati dan Forkopimda menanam mangrove di Watumejo Mangrove Park. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengakhiri kunjungan di Pacitan dengan menanam mangrove di Kawasan Watumejo Mangrove Park, Dusun Kiteran, Desa Kembang, Kecamatan Pacitan pada Sabtu (19/2/2022) sore.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan  penanaman mangrove ini adalah upaya kesiapsiagaan kita bersama untuk menghadapi potensi ancaman gempa bumi dan tsunami.

Menurut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini, dengan kondisi alam seperti ini sudah tentu wajib berusaha keras mengantisipasi kemungkinan terjadinya berbagai bencana.

“Ekosistem mangrove memiliki keterkaitan erat terhadap perubahan iklim. Keberadaan mangrove yang sehat di kawasan pesisir dapat meningkatkan resiliensi masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan meminimalisir dampak bencana alam, seperti tsunami, badai dan gelombang serta memelihara ekosistem Laut,”kata Gubernur.

Tak hanya itu, Khofifah juga meminta semua pihak turut serta mendorong komitmen pemerintah untuk menjaga lingkungan tersebut. Tidak sekedar menanam, Khofifah berharap usai ditanam semua ikut serta merawat benih tanaman tersebut.

“Nandur ini bukan hanya nandur mangrove ya, tetapi ini nandur kehidupan,”kata Gubernur.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam kegiatan itu adalah Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Gagarin, Dandim 0801/Pacitan, Kapolres Pacitan, para pejabat lingkup Pemprov Jatim dan jajaran Forkopimda Pacitan.