Tiga Rumah Warga Terdampak Angin Kencang, Masyarakat Pacitan Dihimbau Waspada

oleh -Dibaca 3.292 kali
BPBD Pacitan Melakukan asesmen dan penyerahan bantuan warga terdampak bencana angin kencang di Nawangan pada JUmat (11/2/2022). (Foto: Dok. BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menghimbau masyarakat Pacitan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi bencana alam pada musim hujan di Pacitan.

Dalam kurun waktu dua hari terakhir, setidaknya ada tiga rumah warga Pacitan yang terdampak bencana alam angin kencang, yaitu satu rumah warga di RT/RW 02/VI, Dusun Wonosari, Desa Karangrejo Kecamatan Arjosari dan dua rumah warga di RT/RW 04/I Dusun Krajan Desa Tokawi Kecamatan Nawangan.

Di Dusun Wonosari, Desa Karangrejo Kecamatan Arjosari, peristiwa rumah rusak tersebut berawal dari hujan dengan intensitas tinggi disertai angin. Akibatnya, pohon tumbang akibat angin kencang menimpa dan mengakibatkan kerusakan pada sebagian atap rumah serta garasi milik Amir.

Sementara di Dusun Krajan Desa Tokawi Kecamatan Nawangan, angin kencang menyebabkan beberapa bagian atap dua rumah warga tersebut mengalami kerusakan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam angin kencang itu. Hanya saja rumah warga mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang.

Fenomena tersebut merupakan bagian dari peningkatan intensitas curah hujan pada puncak musim hujan bulan Februari 2022.

Upaya pembersihan dan perbaikan secara gotong royong maupun mandiri dilakukan oleh pemilik rumah, masyarakat dan Pemerintah Desa setempat.

Atas bencana angin kencang yang terjadi tersebut, BPBD Pacitan telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan asesmen dan penyerahan bantuan terhadap korban terdampak.

Kepala Sie Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Tinar Aditya Firdani saat dihubungi Pacitanku.com menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana alam di musim hujan ini.

“Kami menghimbau untuk tetap waspada, serta update terhadap informasi terkini terkait peringatan dini cuaca,”kata pria yang akrab disapa Adit ini, Jumat petang.

Lebih lanjut, Adit mengajak masyarakat untuk saling bersinergi dalam penanganan bencana alam, sesuai dengan imbauan dari Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

“Dan mari bersama-sama  saling bersinergi dalam menangani bencana dengan semangat gotong royong, yang mana merupakan himbauan dari Bapak Bupati Pacitan, Bapak Indrata Nur Bayuaji di akhir tahun lalu,”jelasnya.

Adit mengharapkan masyarakat untuk proaktif menghubungi BPBD Pacitan, Pemerintah Kecamatan atau Pemerintah Desa apabila terjadi kejadian bencana.

“Silahkan menghubungi kontak BPBD Pacitan di nomor whatsapp 0895396779371, nomor telepon 0357886164, instagram @bpbd_pacitan, email [email protected] atau wbsite bpbd.pacitankab.go.id,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.