Menikmati Indahnya Panorama Pantai Bercak Pacitan

oleh -Dibaca 8.604 kali
Keindahan Pantai Bercak Pringkuku Pacitan. (Foto: Dok Tim PKL STKIP PGRI Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Pacitan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki berbagai macam destinasi wisata alam yang indah.

Jika sedang berkunjung ke Pacitan, Pantai Bercak dapat menjadi referensi wisata alam yang wajib dikunjungi. Pantai ini terletak di Dusun Gumuharjo, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Pantai Bercak menyuguhkan keindahan alam yang masih tersembunyi. Hal ini terbukti ketika tim PKL STKIP PGRI Pacitan berkunjung kesana, kondisi Pantai Bercak begitu alami dan belum banyak terjamah oleh pengunjung. Selain itu, banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Pantai Bercak tersebut.

Pantai Bercak menyajikan panorama alam yang begitu memukau. Pantai ini dihiasi oleh batu karang yang nampak gagah dan dikelilingi oleh bukit dengan pepohonan yang rindang.

Pantai yang digadang-gadang sebagai Raja Ampatnya Pacitan setelah Pantai Kasap ini menyajikan pasir putih yang halus dengan hiasan berbagai macam kerang mini. Pantai Bercak begitu menawan dengan deburan ombak yang tenang dengan air laut yang sangat jernih.

Menurut keterangan Supriyono alias Domo, warga setempat, air laut di Pantai ini bisa mengobati penyakit gatal.

“Keunikan dari Pantai Bercak ini airnya bisa dijadikan obat gatal dan siapapun yang datang bisa mandi di pantai ini, karena terlepas dari ombak laut yang besar,”kata Domo, Minggu (6/2/2022).

Adapun, rute perjalanan untuk menuju ke pantai ini terbilang cukup mudah, kita perlu menuju ke arah Pantai Watukarung dan mengikuti petunjuk hingga sampai ke Pantai Bercak.

Pantai Bercak terletak di wilayah Watukarung dan masih berada di satu lokasi dengan Pantai Kasap. Pantai Bercak ini diapit oleh 3 pantai lainnya, yakni Pantai Kasap, Pantai Denombo, dan Pantai Banteng Mati.

Jika ingin mengunjungi Pantai Bercak, kita tidak dapat langsung menikmati keindahan pantai setelah berhenti memarkirkan kendaraan. Akan tetapi, kita harus melalui Pantai Kasap terlebih dahulu dan berjalan kaki melalui bukit dengan suguhan pemandangan laut lepas yang sangat menawan sejauh 50 meter dengan waktu tempuh sekitar 10 hingga 15 menit.

Setelah itu, kita dapat menemukan jalan menurun berupa tanah bebatuan dan akhirnya tiba di Pantai Bercak yang semakin terpampang nyata. Pantai ini begitu indah, nyaman, asri, alami, dan terbilang masih sepi. Sehingga, Pantai Bercak ini bisa diibaratkan sebagai pantai pribadi yang begitu memikat hati.

Ditulis oleh Tim PKL STKIP PGRI Pacitan
Al Rifa Rahayu Dianthi dan Imam Tamami  

No More Posts Available.

No more pages to load.