Puluhan Aktivis OSIS SMK PGRI Donorojo Digembleng Ilmu Kepemimpinan Hingga Organisasi

oleh -Dibaca 2.001 kali
Kegiatan LDKS digelar oleh SMK PGRI Donorojo pada Sabtu-Ahad, 29-30 Januari 2022. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, DONOROJO – Badan Ekekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMK PGRI Donorojo pada Sabtu (28/1/2022) hingga Ahad (30/1/2022).

Kepala SMK PGRI Donorojo Jemi Darmawan dalam keterangannya mengatakann kegiatan tahunan ini bertujuan membentuk cara berfikir  dan menambah wawasan tentang tentang kepemimpinan, keorganisasian, kesekertariatan, publik speaking, dan berpikir kritis.

Menurut Jemi, LDKS ini diikuti oleh 23 perserta yang telah terpilih menjadi pengurus OSIS SMK PGRI Donorojo tahun pelajaran 2022/2023.

“Tutor sebaya memungkinkan interaksi antara pemateri dan siswa lebih aktif dibadingkan dengan tutor yang rentang umurnya lebih jauh dari siswa. Diharapkan agar setiap anggota OSIS mampu mengimplementasikan hasil yang didapat dari LDKS tersebut ke dalam program kerja yang telah mereka susun,”kata Jemi.

Lebih lanjut, Jemi mengatakan kegiatan LDKS tersebut siswa dibekali lima materi. Dimana, kata dia, penyampaian materi menggunakan metode ceramah temen-temen dan ditambahkan sesi bermain game tentang materi yang dibawakan, FGD, dan praktek langsung di setiap materinya.

“Pada hari kedua, acara baksos dan outbond yang merupakan penutup acara LDKS sekaligus pemantapan materi kembali untuk anggota-anggota pengurus baru OSIS SMK PGRI Donorojo,”tandasnya.

Jemi mengharapkan alumni LDKS mampu mengelola organisasi dengan baik.

“Jangan diperbudak organisasi, tapi perbudaklah organisasi. Organisasi dimana sebagai tempat untuk mengupgrade kemampuan malah sering kali menjadi beban karena perintah-perintah. Maka, diperlukanlah perubahan pola berpikir dalam berorganisasi,”paparnya.

Sementara, Presiden BEM STKIP PGRI Pacitan Yusuf Mukib mengaku kegiatan itu menjadi sebuah kebanggaan.

“Kami berharap dari adanya kegiatan dapat menjadi titik awal dari lahirnya pengurus baru yang kreatif dan inovatif dalam melaksanakan program kerja. BEM STKIP PGRI Pacitan berterimakasih karena ini juga menjadi kesempatan untuk belajar dan mengasah keilmuan kami,”jelasnya.