Keren, Putra Asli Pacitan ini Ciptakan Aplikasi Konsultasi Kesehatan Lekasehat

oleh -23 Dilihat
Aplikasi Lekas Sehat mitra resmi Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Tangkapan Layar)

Pacitanku.com, PACITAN – Berkat kerja keras dan kegigihannya, Afrig Aminuddin, putra asli Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan bersama dr Dede Candra Permanda, dr Guntur Surya Alam dan Banu Hermawan berhasil menciptakan aplikasi konsultasi kesehatan yang diberi nama “Lekasehat.”

Afrig Aminudin pun kini menjadi Co Founder aplikasi kesehatan tersebut.

Pria usia 29 tahun yang kini menempuh S3 di Universiti Malaysia Pahang dan Dosen tetap di AMIKOM Yogyakarta itu menyampaikan bahwa aplikasi yang dibuatnya itu progresnya dimulai sejak 2018.

“Tujuannya untuk menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh fasilitas kesehatan lengkap, selain itu, juga untuk mempermudah akses kesehatan bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi atau tidak sempat datang ke dokter,”katanya saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (15/1/2022).

Lebih lanjut, Afrig menjelaskan bahwa aplikasinya itu sudah diakui oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan menghadirkan dokter-dokter terpercaya dari seluruh tanah air untuk berkonsultasi dengan keluhan kesehatan yang dialami.

“Jadi setelah mendownload aplikasinya di Playstore, kita bisa berkonsultasi dengan dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi dan dokter spesialis gigi,”tandasnya.

Selain itu, Afrig menjelaskan dalam aplikasi yang dibuatnya tersebut, dokter spesialisnya pun komplit, seperti ada Spesialis Akupuntur, Bedah, Bedah Ortopedi, Bedah Onkologi, Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Kedokteran Keluarga dan Layanan Primer, Obstetri dan Ginekologi.

“Kemudian dokter spesialis Paru, Penyakit Dalam, Anak, Bedah Anak, Bedah Thorax Cardiovascular, Jantung dan Pembuluh Darah, Kedokteran Jiwa, Neurologi, Onkologi Radiasi, Patologi Klinik dan Telinga Hidung Tenggorokan,”jelasnya.

Jadi, lanjut Afrig, kita bisa menambahkan pasien dan langsung menuju dokter sesuai dengan keluhan kita.

“Setelah kita klik maka kita bisa memilih dokter yang kita inginkan. Disitu, profil dokter sangat lengkap mulai pengalaman, lulusan, tempat praktik, no STR dan hari praktek. Setelah menentukan waktu booking kita bisa memilih cara konsultasi yaitu melalui Video Call atau chat,”tandas dia.

Sementara, jika melakukan video call biayanya Rp50 ribu dan kalau chat hanya Rp25 ribu dan langsung keluar resep dokter atas penyakit yang diderita oleh pasien dan bisa dibeli di apotek manapun.

Afrig Aminudin pembuat aplikasi Lekas Sehat

Dengan kemudahan aplikasi itu, Afrig meyakini akan memangkas biaya transportasi yang mana secara hal itu umum dilakukan ketika akan berkonsultasi dengan dokter spesialis serta biaya konsultasi yang cukup mahal.

“Seperti kita ketahui, selama ini sangatlah sulit bertemu dengan dokter spesialis, selain itu juga biayanya mahal. Dengan aplikasi ini, saya berharap dapat menjangkau seluruh pelosok negeri, sehingga fasilitas kesehatan yang baik dengan dokter yang profesional dapat diakses oleh semua masyarakat serta dengan biaya yang sangat terjangkau,”kata pria yang juga Alumnus SMPN 1 Ngadirojo yang saat ini menuju gelar Ph. D.

Sementara menurut Wira, tim dari Lekasehat, menyampaikan bahwa aplikasinya itu pernah ditawar oleh salah satu perusahaan dengan nilai cukup fantastis.

“Pernah ditawar miliaran. Namun tim sepakat untuk terus mengembangkan sendiri aplikasi ciptaan anak negeri, ciptaan anak Pacitan,”kata Wira.

Wira mengajak seluruh warga masyarakat, terutama warga Pacitan agar menggunakan aplikasi tersebut untuk konsultasi kesehatan.

Monggo kalau ada saudara yang butuh konsultasi layanan kesehatan dengan dokter terpercaya. Tidak perlu antri lama, bisa konsultasi dari rumah dan hemat. Download aplikasinya s.id/lekasehat dan Webnya di lekasehat.id,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.