Tingkatkan Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan, Disparpora Pacitan Gembleng Puluhan Lifeguard

oleh -Dibaca 382 kali
Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan Lifeguard se-Kabupaten Pacitan yang dilaksanakan di Ruang Joglo Sapta Pesona, Kantor Disparpora pada Selasa (14/12/2021). (Foto: Disparpora Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan Lifeguard se-Kabupaten Pacitan yang dilaksanakan di Ruang Joglo Sapta Pesona, Kantor Disparpora pada Selasa (14/12/2021).

Mengutip laman Disparora Pacitan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan menjelang libur akhir tahun 2021.

Kegiatan dibuka langsung oleh Eno Spith Fitri Yanto, selaku sekretaris Disparpora Pacitan yang diikuti oleh 40 peserta dari Lifeguard se-kabupaten Pacitan.

Sekdin Disparpora dalam sambutannya mengatakan, para penyelamat wisata pantai (lifeguard) di Kabupaten Pacitan harus ditingkatkan kompetensinya menjelang libur akhir tahun 2021 ini.

“Saya harap semua lifeguard harus meningkatkan kompetensinya, jangan sampai terjadi laka laut yang menyebabkan kematian, baru kita melakukan aksi. Jadi lebih baik pencegahan daripada melakukan pencarian korban laka,”kata Eno.

Eno juga mengingatkan kepada seluruh lifeguard untuk selalu memakai identitas atribut lengkap ketika melaksanakan tugas. Karena setiap kejadian laka laut, yang menjadi objek pemeriksaan adalah lifeguard.

Pelatihan Lifeguard ini diharapkan dapat mendongkrak kualitas pelayanan di destinasi wisata pantai. Semakin lifeguard terlatih dan kian kompeten, mereka bisa dengan sigap melaksanakan tugas penyelamatan jika ada kejadian yang tidak diinginkan.