Xavi Resmi Jadi Pelatih Baru FC Barcelona

oleh -Dibaca 125 kali
Xavi Hernandez pelatih baru Barcelona

Pacitanku.com – Spekulasi mengenai siapa manajer baru klub raksasa Spanyol, Barcelona akhirnya terjawab. Blaugrana secara resmi telah mengumumkan bahwa eks pemain mereka, Xavi Hernandez akan menjadi pelatih baru Memphis Depay dkk.

Sebelumnya, Barcelona terus diterpa kritik lantaran performa minornya di bawah asuhan pelatih Ronald Koeman. Serangkaian hasil negatif yang dialami Blaugrana membuat mereka terdampar di posisi kesembilan hingga pekan ke-12 La Liga musim 2021/22 ini. Performa inkonsistensi tersebut turut membuat mereka terlempar dari kandidat juara di musim ini berdasarkan sportsbook M88.

Direksi klub akhirnya mengambil keputusan untuk memecat Ronald Koeman dari jabatannya. Pihak klub menunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara sembari menunggu pelatih tetap baru datang.

Kabar mengenai Barcelona yang ingin menunjuk Xavi sebagai manajer baru akhirnya terbukti. Pihak klub telah mengumumkan bahwa pria berusia 41 tahun tersebut telah sepakat untuk mengambil alih jabatan ini. Kubu Al-Sadd yang sebelumnya menjadi tempat Xavi bernaung pun sudah merelakan kepergiannya. Kabarnya, Barcelona harus menebus sang pelatih dengan bayaran sebesar 5 juta Euro.

Xavi sudah tiba di Barcelona pada Senin, 8 November 2021 dan sudah diperkenalkan ke publik. Ia pun mengungkapkan tekadnya untuk membantu Blaugrana bangkit dan meraih kesuksesan. “Saya akan melakukan segalanya untuk membawa tim ini meraih kesuksesan,” ujarnya kepada Barca TV.

Xavi Ingin Main Cantik dan Kerja Keras

Barcelona identik dengan permainan tiki-taka berupa operan satu-dua pemain dan penguasaan bola. Namun, filosofi permainan tersebut seakan hilang setelah kepergian Pep Guardiola. Kini, Xavi pun bertekad untuk mengembalikan filosofi permainan tersebut.

“Saya memliki tekad untuk membuat semua pemain dan staf bekerja keras setiap hari. Kami adalah Barcelona yang merupakan tim terbaik di dunia.”

“Hasil yang baik hanya dapat diperoleh dengan kerja keras. Selain itu, kami juga ingin terus menampilkan sepakbola yang cantik.”

Penunjukkan Xavi menimbulkan pro dan kontra. Sejumlah pihak menilai ia belum siap untuk menangani klub sebesar Barcelona karena masih minim pengalaman. Seperti diketahui, pria asli Spanyol tersebut memang baru sekali menangani klub profesional yakni Al Sadd.

Kendati demikian, Xavi berhasil menunjukkan tangan dinginnya bersama Al Sadd. Ia sukses mempersembahkan sejumlah trofi bergengsi bagi klub raksasa Qatar tersebut. Total, sudah ada tujuh trofi yang berhasil ia raih di debutnya sebagai pelatih kepala.

Kemungkinan besar Xavi akan melakoni debutnya sebagai pelatih anyar Barcelona setelah jeda internasional. Mereka akan menjamu Espanyol dalam laga bertajuk Derby Catalunya yang akan digelar di Camp Nou.