Fokus Pada Aparatur dan Masyarakat, Cara Bupati Aji Lakukan Rencana Aksi Pengembangan SDM

oleh -Dibaca 306 kali
Bupati Pacitan saat menjadi pemapar dalam kegiatan renaksi SDM pada Selasa (5/10/2021).(Foto: Dok Instagram Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan rencana aksi (renaksi) pengembangan SDM tahun 2022-2024 di hadapan pejabat BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa  (5/10/2021) secara daring.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan bagi Bupati/Wakil Bupati hasil pemilihan tahun 2020.

“Dalam kesempatan ini, saya menyebutkan bahwa pengembangan SDM di Kabupaten Pacitan sejalan dengan visi misi presiden dan tentu saja visi misi Bupati dalam RPJMD Kabupaten Pacitan tahun 2021-2026,”kata Bupati Aji, dikutip dari unggahannya di Instagram.

Menurut Bupati, pengembangan kompetensi SDM difokuskan pada dua unsur, yaitu pengembangan SDM aparatur dan pengembangan SDM masyarakat.

“Untuk pengembangan SDM aparatur dititikberatkan pada pelayanan publik, sedangkan SDM masyarakat diprioritaskan kepada sektor unggulan, supaya menjadi penggerak ekonomi lokal sebagaimana yang disebutkan dalam isu strategis pada renaksi tersebut,”jelas mantan Ketua DPRD Pacitan itu.

Selain itu, di dalam rencana aksi, kata dia, juga disampaikan bahwa sasaran dari pengembangan SDM aparatur, diantaranya yaitu meningkatnya layanan publik yang inovatif, terwujudnya birokrasi yang akuntabel dan transparan dan meningkatnya kemandirian desa.

“Sedangkan pengembangan SDM masyarakat mempunyai sasaran diantaranya meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan meningkatnya daya saing pariwisata,”ujar dia.

Terakhir dari rencana aksi pengembangan SDM tersebut, Bupati menyebut akan diberikan rekomendasi supaya ada dukungan baik pemerintah pusat maupun propinsi untuk menjadikan Kabupaten Pacitan tempat pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.

“Memfasilitasi pelaksanaan renaksi tersebut khusunya penyediaan pelatih, tenaga fasilitator dan narasumber,”pungkasnya. (red/DP)

Video Bupati Aji Siap Bersinergi Wujudkan Pacitan Bahagia dan Sejahtera, Bagaimana Caranya?