Pesan Bupati: Lindungi Anak di Pacitan Tetap Gembira di Rumah, Pastikan Selalu Tersenyum Bahagia

oleh -Dibaca 538 kali
Bupati AJi dan putrinya, Nayung beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. FB Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyampaikan pesan khusus dalam momen Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada Jumat (23/7/2021).

Melalui unggahan suara di akun instagramnya, Bupati Pacitan ke-33 ini menyebut anak-anak adalah amanah dari Allah SWT yang menjadi kewajiban untuk mendidik, membina, mengarahkan dan melindungi anak-anak itu.

“Tantangan yang dihadapi hari ini lebih kompleks karena dengan adanya pandemi, berdampak pada semuanya termasuk pada pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak,”katanya.

Menurut Bupati Aji, anak-anak di Kabupaten Pacitan masih diminta untuk tetap berkegiatan, belum bisa beraktivitas seperti biasa seperti di luar kemudian bersekolah, dan juga belum bisa berkumpul dan bermain amat terbatas.

“Itu semua dilakukan demi melindungi anak-anak kita dari risiko penularan COVID-19,”tandas Bupati Aji.

Namun demikian, kata dia, apapun kondisi yang sedang terjadi, dimanapun anak-anak belajar, kebutuhan anak-anak tetap sama.

“Yang mereka butuhkan adalah rasa aman, batasan yang jelas, ada keteraturan dalam kesehariannya dan di dalam aktivitas keluarga kita perlu bersama-sama mendahulukan kepentingan mereka, beri ruang untuk mereka bergerak dan ciptakan lingkungan yang bahagia untuk menjadi tempat anak kita tumbuh dan belajar,”jelas Bupati Aji.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, peringatan HAN merupakan momentum yang penting untuk kepedulian, menggugah partisipasi seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Pacitan.

“Dalam rangka untuk menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkatnya, martabat kemanusiaan serta mendapatkan perlindungan dari segala macam bentuk kekerasan dan diskriminasi,”jelas dia.

Bupati mengajak seluruh elemen untuk melindungi anak kabupaten Pacitan agar tetap gembira di rumah.

“Dan mari kita pastikan setiap anak di Kabupaten Pacitan agar selalu tersenyum bahagia, selamat hari nasonal, anak terlindungi Indonesia maju,”pungkasnya. (red/DP)