Berantas Aktivitas Ilegal di Laut dan Jaga Kedaulatan RI, TNI AL Bangun Markas Komando di Desa Kembang Pacitan

oleh -Dibaca 514 kali
CEK LOKASI. Lokasi Markas Komando TNI AL di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan yang dicek oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, Senin (14/6/2021). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, Senin (14/6/2021) meninjau lokasi pembangunan Markas Komando TNI AL Pacitan. Danlantamal V melihat lihat langsung lahan seluas 5 hektar yang berada di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan itu.

“Pacitan itu dibawah Lanal Malang yang menghadap ke selatan. Ada dua yang menghadap ke selatan yakni Lanal Cilacap bertipe B dan Pacitan dengan tipe D,”kata Danlantamal V Laksamana Pertama Yoos Suryono Hadi, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Pembangunan Pos TNI AL di Desa Kembang Pacitan Resmi Dimulai

Markas Komando TNI AL Pacitan sendiri menurut Danlantamal V akan memulai pembangunannya tahun depan. Mabes TNI AL sudah menyetujui dan dipastikan masuk penganggaran Tahun 2022.

Lokasi Markas Komando sendiri dinilai layak meski harus ada peninggian fondasi bangunan untuk menghindari banjir rob. Termasuk, pembenahan jalan masuk dari jalan raya ke Mako nantinya.

Danlantamal V menyatakan Pembangunan Markas Komando merupakan salah satu upaya TNI AL dalam menjaga kedaulatan maritim.

Sebagai negara dengan bentang pantai terpanjang di dunia, Indonesia rawan terjadi aktifitas ilegal melalui jalur laut. Seperti ilegal logging, ilegal mining, ilegal fishing maupun jalur penyelundupan barang-barang terlarang.

Dengan adanya markas komando diharapkan aktivitas ilegal dapat diberantas. Tentu selain tugas utama TNI yakni menjaga kedaulatan RI.

Turut hadir mendampingi Komandan Lantamal V dalam peninjauan ini sejumlah pejabat baik dari TNI maupun Forkopimda Pacitan diantaranya, Asintel Danlantamal V Kolonel Marinir Mikaryo Widodo, Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, Ka Kuwil Lantamal V Kolonel Laut (S) Agus Cahyono dan Komandan Lanal Malang Kolonel Laut (P/W) Ni Ketut Prabhawati.

Kemudian hadir juga Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim dan Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono.