BPBD Pacitan Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana untuk Para Agen Bencana

oleh -Dibaca 454 kali
BUPATI AJI. Bupati Aji dan Kepala Pelaksana BPBD Pacitan saat pelatihan mitigasi bencana di Pantai Pancer, Ahad (6/6/2021). (Foto: M Akhliss Sofan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana untuk agen bencana dan internal BPBD Pacitan pada Ahad (6/6/2021) di Pantai Pancer Dorr, Kecamatan Pacitan.

Dalam kegiatan itu, para agen bencana dan internal BPBD, baik staf, PNS, Tim Reaksi Cepat (TRC) dilatih meningkatkan mitigasi baik itu pelatihan water rescue, peningkatan kapasitas terkait kebencanaan dan materi kebencanaan lainnya.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengapresiasi digelarnya pelatihan untuk mengupgrade para agen bencana di Pacitan.

“Kegiatan hari ini baik sekali, ketika kemarin ada isu ada perkiraan bencana dari BMKG, Insyaallah kegiatan ini berkala dilakukan, karena Pacitan banyak potensi bencana alam, makanya saya harapkan juga kegiatan ini terus dilakukan untuk mengupgrade kita semua untuk memupuk kesadaran kita semua,”kata Bupati Aji.

Namun demikian, Bupati Aji memandang kegiatan ini bisa dilakukan berkala mengingat potensi bencana di Pacitan cukup banyak.

“Karena kita banyak potensi bencana alam, banjir, tsunami juga potensi, dan yang lainnya, maka dari itu saya harapkan nantinya kedepan kita mengundang secara berkala juga ahli di masing-masing kebencanaan tadi dan agen-agen yang ada tadi bisa dibentuk kekhususannya sendiri-sendiri,”jelasnya.

Saat membekali para agen bencana tersebut, pria yang pernah berprofesi sebagai lifeguard tersebut mengatakan bencana adalah urusan bersama, sehingga perlu ada kolaborasi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

“Ini beban kita ini tanggung jawab kita yang mau tidak mau harus kita pikul kita, dan saya terimakasih juga saya sampaikan perwakilan TNI-Polri, terimakasih sudah bersama-sama dengan kita karena memang kebencanaan tidak bisa kita sendiri-sendiri tapi bersama-sama, dari unsur pemerintah dan masyarakat dan pengusaha,”papar Bupati Aji.

Secara khusus, Bupati juga mengapresiasi kegiatan ini, khususnya bagi para agen bencana tesebut untuk menjadi ujung tombak kebencanaan di Pacitan.

 “Terimakasih semuanya dan semangat demi Pacitan, tugas pengabdian rekan-rekan tidak hanya dicatat oleh Pemda, tetapi juga oleh Allah SWT,”pungkasnya.

Pewarta: M Akhliss Sofan
Editor: Dwi Purnawan

BPBD Pacitan Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana