Panen Raya Padi, Desa Gendaran Jaga Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi

oleh -Dibaca 350 kali
SAMBATAN PANEN PARI. Desa Gendaran Donorojo menggelar panen padi pada Jumat (4/6/2021). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, DONOROJO – Kelompok tani Dadi Mulyo Desa Gendaran, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, berhasil lakukan panen raya padi ditengah pandemi COVID-19.

Keberhasilan panen tersebut, dilihat dari perbandingan jumlah padi yanng terus meningkat  dari tahun 2019, 2020, dan 2021.

“Alhamdulillah panen padi meningkat, semula 3,4 ton, tahun ini mencapai 4,3 ton,”kata ketua kelompok tani Dadi Mulyo, Suyatno, Jumat (4/6/2021).

Meskipun hanya sebagai sawah tadah hujan, namun semangat petani Desa Gendaran seolah tidak surut untuk terus meningkatkan hasil penennya.

“Disini susah air, selama ini kami hanya sebagai tadah hujan, namun berkat kerjasama yang baik akhirnya ada bak penampungan air, dan hasilnya kami meningkat,”tandasnya.

Keberhasilan panen padi Desa Gendaran ini patut diacungi jempol, sebab  pertanian desa tidak terpengaruh adanya krisis karena pandemi COVID-19.

“Kami tetap semangat mendorong masyrakat, panen ini kami rayakan dengan sebutan Sambatan Ngarit Pari. Dan allkhamdulillah ,pemerintah desa gendaran mendukung penuh acara ini,”ungkap kepala dusun Waru, Desa Gendaran, Yayuk Puji Lestari.

Sambatan ngarit Pari (kerjasama panen padi), adalah sebuah acara panen raya  di dusun dalam rangka sujud syukur atas keberkahan yang diberikan.

“Acara ini adalah salah satu bentuk motivasi bahwa kita bisa berbuat, desa bisa berdaya dengan bertani, meskipun saat ini dalam masa pandemi,namun. Desa tetap bisa bergerak, mari bangga menjadi petani,”pungkas kepala dusun kepada pewarta.

Acara sambatan ngarit pari ini juga dihadiri oleh camat Donorojo Sugiyem, kepala desa Gendaran Wulan Fitriana, komisi II DPRD Kabupaten Pacitan Bagus Surya Pratikna dan perwakilan anggota DPRD Pacitan daerah pemilihan Donorojo-Punung Melia Windiyana.

Pewarta: Julian Tondowisudo
Editor: Dwi Purnawan