Sambutan Perdana di Rapat Paripurna, Bupati Aji Siap Wujudkan Masyarakat Bahagia dan Sejahtera

oleh -Dibaca 255 kali
SAMBUTAN PERDANA. Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat memberikan sambutan dalam rapat paripurna dan Sertijab, Jumat (7/5/2021). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memberikan sambutan perdananya dalam kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Pacitan dan rapat paripurna DPRD Pacitan yang dihadiri Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada Jumat (7/5/2021) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Dalam sambutannya, Bupati Aji mengatakan jika sejak setelah dilantik oleh gubernur Jawa Timur maka menjadi titik awal pengabdian kepada masyarakat Pacitan.

“Pelantikan kami sebagai bupati dan wakil bupati Pacitan oleh gubernur Jawa Timur adalah titik awal pengabdian kami kepada masyarakat Pacitan, pengabdian yang kelak akan kita wariskan kepada generasi penerus,”kata Bupati Aji.

Lebih lanjut, Bupati Aji mengungkapkan jargon utamakan rakyat sebagai ungkapan untuk melakukan pengabdian terbaik untuk masyarakat.

“Dengan prinsip utamakan rakyat, izinkan kami untuk melakukan pengabdian terbaik bagi masyarakat Pacitan, jargon tersebut sebagai pengingat sekaligus spirit pengabdian kami kepada rakyat Pacitan, visi kami masyarakat yang sejahtera dan bahagia,”jelas mantan Ketua DPRD Pacitan ini.

Lebih lanjut, Bupati Pacitan ke-33 ini menyampaikan tantangan dalam membangun Pacitan sangat komplek dan dinamis. “Tantangan permasalahan Pacitan ini sanngatlah komplek, angka kemiskinan di Pacitan masih tinggi di atas rata-rata provinsi Jawa timur,”ujarnya.

Menurut Bupati Aji, angka kemiskinan di Pacitan masih tinggi, yakni 14.54 % pada 2020. Dimana angka tersebut diatas rata-rata provinsi Jatim yaitu 11.09 % pada Maret 2020.

Untuk itu, Pemkab Pacitan akan berupaya menghadirkan kebijakan yang mampu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Pacitan.

Di sisi lain, Bupati Aji menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Pacitan juga masih dalam kategori sedang. Atas kondisi itu, Bupati Aji mengatakan harus menjadi pemacu dalam berbagai pembangunan dan pemberdayaan di Pacitan.

“Pacitan kedepan harus lebih baik, ekonomi harus tumbuh, pertanian dan perikanan tetap menjadi prioritas, strategi pertanian dan perikanan harus berbasis kewilayahan, serta menggerakkan sektor-sektor lainnya,”jelasnya.

Bupati Aji berharap dan berkomitmen untuk berikhtiar melayani masyarakat. Dirinya tidak menginginkan keinginan tersebut hanya sebatas semboyan semata.

“Akan tetapi menjadi sebuah semangat bekerja bagi kepentingan masyarakat sekaligus sebagai pengingat dalam sebuah kebijakan yang akan diambil rakyatlah harus diutamakan,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati Aji menyampaikan Pacitan perlu lompatan-lompatan besar untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten dan kota lainnya.

“Tentu semua hal di atas harus didukung birokrasi yang melayani masyarakat, bukan lagi birokrasi bekerja dengan pola-pola linier, monoton dan terjebak pada zona nyaman,”tandasnya.

Dalam poin terakhir sambutannya, Bupati Aji mengajak semua elemen untuk mewujudkan Pacitan bangkit dengan dukungan dari Gubernur.

“Saatnya Pacitan bangkit lebih baik dengan perhatian dan dukungan dari Ibu Gubernur terhadap seluruh program-program dan kegiatan yang telah direncanakan,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan