Hardiknas, Komisi II DPRD Pacitan Dorong Semua Pihak Fokus Sinergi Persiapan PTM

oleh -Dibaca 189 kali
PJJ Daring. Seorang peserta didik sedang mengikuti pembelajaran daring.(Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan menyoroti persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

“Sekarang ini kita harus bersama fokus pada persiapan tatap muka, perlu sinergi untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka,”kata anggota Komisi II DPRD Pacitan Ririn Subianti, saat dihubungi Pacitanku.com, Ahad (2/5/2021) di Pacitan.

Untuk itu, perempuan yang akrab disapa Ririn ini menekankan perlunya kerjasama baik guru, siswa, maupun orangtua siswa. “Semua harus terlibat, baik guru, siswa maupun orangtua siswa. Hal ini juga harus di dukung oleh semua pihak karena pendidikan ini milik kita bersama,”kata legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Sehingga, imbuh dia, dengan tema hardiknas “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” kedepan dapat menyiapkan suasana lingkungan pendidikan yang sehat.

“Tema hardiknas tahun ini bagi saya ini menjadi momentum untuk bersama mempersiapkan suasana sekolah yang sehat,”jelasnya.

Menurut Ririn, dengan fokus serentak bergerak merdeka belajar tanpa diiringi kebijakan-kebijakan yang tidak kreatif tentu juga akan berat.“Oleh karenanya kebersamaan dan peran pendekatan kearifan lokal kita bersama yakin dapat melaksanakan pendidikan dengan baik,”pungkasnya.

Dalam kegiatan peringatan Hardiknas 2021, Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Dikti Nadiem Makarim Anwar mengajak seluruh insan pendidik untuk membangkitkan semangat menyongsong lembaran bari pendidikan Indonesia.

Menurut Nadiem, pendidikan yang dapat menumbuhkan kebahagiaan batin serta keselamatan batin. Esensi pendidikan menurut Nadiem adalah memerdekakan kehidupan manusia. Untuk itulah tema hari Pendidikan Nasional 2021 adalah serentak bergerak wujudkan merdeka belajar.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan