Pacitan Terima Dua Penghargaan Bidang Kesehatan dari Gubernur Jatim

oleh -10279 views
PENGHARGAAN. Gubernur Jatim Khofifah menyerahkan penghargaan kepada Plh Bupati Pacitan Heru Wiwoho, Selasa malam. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun 2020.

Dua penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kepada Pelaksana harian (Plh) Bupati Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra pada Selasa (6/4/2021) di gedung negara Grahadi Kota Surabaya.

Informasi yang diterima Pacitanku.com, Rabu (7/4/2021), dua penghargaan tersebut adalah penghargaan Kabupaten/Kota Terbaik Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan kategori Demand Creation.

Selain itu, yang kedua adalah penghargaan Agent of Change (AoC) terbaik untuk Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) Apoteker Puskesmas kabupaten/ Kota yang diraih seorang Apoteker asal Puskesmas Donorojo atas nama Nita Yuliana.

Selain dua penghargaan yang disabet Pacitan, ada 16 penerima penghargaan bidang kesehatan HKN 2020 tersebut. Diantara penerimanya adalah dari Kota Mojokerto, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar dengan karya Open Defecation Free (ODF) saat pandemi.

Kemudian Kota Malang yang meraih penghargaan Kabupaten/ Kota Terbaik Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Kategori Supply Creation. Kabupaten Lamongan dengan penghargaan Kabupaten/ Kota Terbaik Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan kategori Enabling Environment

Selanjutnya Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Trenggalek yang menyabet penghargaan Pembina Terbaik Tempat Pengelolaan Pangan (TPP). Kabupaten Banyuwangi juga meraih penghargaan Inovator Pelayanan Kesehatan Jiwa di Puskesmas yang diraih oleh Puskesmas Gitik Kecamatan Rogojampi Banyuwangi.

Selanjutnya Kabupaten Jombang meraih penghargaan Inovator Posyandu Jiwa Berbasis Masyarakat Posyandu Jiwa di Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.

Untuk Ormas, dua ormas terbesar di Jatim, yakni PW Muslimat NU Provinsi Jawa Timur dan PW Aisyiyah Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan.

PW Muslimat NU jatim meraih penghargaan Mitra Dinkes Jatim dalam Peningkatan Cakupan Imunisasi di Jawa Timur, sedangkan PW Aisyiyah Provinsi Jatim meraih penghargaan mitra Dinkes Jatim dalam Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tuberculosis (TBC).

Untuk kategori individu, selain dari Pacitan, juga diraih Ike Rahayu Widuri, yang mendapatkan penghargaan Dokter Spesialis Terbaik dalam Program Kunjungan Pelayanan Kesehatan di Kepulauan dan Koridor Madura.

Kemudian juga Prof Suhariningsih sebagai Pengembang Pelayanan Kesehatan Tradisional di Jawa Timur, kemudian Rulyta Dwicahyani yang merupakan Apoteker Puskesmas Jenu Kabupaten Tuban yang menjadi Agent of Change (AoC) terbaik untuk Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) Apoteker Puskesmas kabupaten/ Kota

Selanjutnya adalah Nyoman Anita Damayanti yang meraih penghargaan Mitra Program Kesehatan Ibu dan Anak serta Mochammad Hud Suhargono sebagai Pemerhati Program Kesehatan Ibu dan Anak dalam Penurunan AKI dan AKB di Jawa Timur.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan