Diduga Hanyut di Sungai Grindulu, Seorang Warga Pacitan Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

oleh -Dibaca 865 kali
Tim relawan SAR gabungan usai mengevakuasi seorang warga yang hanyut di Sungai Grindulu. (Foto: Istimewa/Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Puluhan relawan gabungan dari berbagai unsur akhirnya berhasil menemukan seorang warga yang diduga hanyut dan sempat hilang pada Ahad (28/3/2021) kemarin di wilayah perairan Sungai Grindulu, Kecamatan Pacitan.

Warga yang diketahui bernama Ruslanudin (78) warga lingkungan Krajan Kidul, RT/RW 01/V Kelurahan Ploso, Pacitan tersebut ditemukan pada Senin (29/3/2021) pukul 07.40 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Adapun relawan yang terlibat dalam proses pencarian korban tersebut adalah Basarnas Pos Sar Trenggalek, TRC-PB BPBD Pacitan, Koramil Pacitan, Polsek Pacitan, Polairud, TNI AL, Tagana, Pemerintah Kelurahan Ploso, SAR MTA, Pokwasmas, tim pelayanan Teknik PLN, PMI, Sar Celeng, MDMC, sahabat penyu pacitan dan warga setempat.

Sebelumnya diketahui, berdasarkan keterangan saksi atas nama Rudi yang merupakan menantu korban, pada Ahad kemarin, sekitar pukul 07.00 WIB korban berangkat dari rumah dengan peralatan merumput, dengan membawa perahu karena lokasi tempat merumput berada diseberang sungai grindulu.

“Sekitar pukul 13.00 WIB kami dan pihak keluarga merasa curiga karena sampai dengan saat itu korban belum juga pulang, karena kebiasaan pada saat jam segitu korban sudah pulang dari merumput,”demikian penuturan Rudi.

Selanjutnya, saksi kemudian berusaha melakukan pencarian terhadap korban dengan hasil hanya menemukan alat merumput dan bekal makanan yang dibawa korban. Peralatan milik korban tersebut ditemukan di daerah kambil kuning di seberang sungai Grindulu.

Pada Ahad sore, saksi melaporkan kejadian tersebut kepihak Kelurahan Ploso yang selanjutnya aparat Kelurahan beserta Babinsa dan Babhinkamtibmas melakukan pencarian dialiran sungai Grindulu.

Setelah peristiwa itu, Kepala Kelurahan Babinsa dan Babinkamtibmas mendatangi lokasi kejadian serta melaporkan kejadian ke BPBD Pacitan untuk mendapat bantuan tenaga pencarian korban.

Sejak Ahad sore, hingga Senin pagi, prose pencarian terhadap korban dilakukan dan akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan