Petani di Pacitan Harapkan Harga Beras Stabil Jelang Panen Raya

oleh -10102 views

Pacitanku.com, PACITAN — Petani di Kabupaten Pacitan berharap harga beras stabil jelang masa panen raya yang akan berlangsung beberapa waktu kedepan. Hal itu seperti disampaikan salah satu petani di Pacitan, Hendri Susanto pada Senin (1/3/2021) di Pacitan.

“Ya kami para petani berharap harga stabil mas setelah panen,”kata Hendri saat dihubungi Pacitanku.com.

Secara umum, kata Hendri, hasil panen padi pada panen raya kali ini cukup bagus. Hanya saja, kata dia, hasil panen kurang maksimal karena serangan hama.

“Alhamdulillah mas ketoke apik (sepertinya bagus), tapi sayange ora maksimal mergo di serang hama tikus (namun tidak maksimal karena ada hama tikus),”tandas Hendri.

Selain harapan terkait stabilitas harga beras, Hendri juga mengharapkan adanya bimbingan dan subsidi di tengah pandemi.

“Selama ini beli dibatasi mas, dan memberi bantuan obat-obatan untuk mengatasi hama seperti tikus, uret, burung pipit juga diberi arahan atau bimbingan bagaimana cara menanam apa saja dengan menyesuaikan kondisi lahan di lingkungan-lingkungan kelompok tani,”jelas dia.

Tak hanya itu, Hendri mengaku selama masa pandemi, dirinya dan para petani belum pernah mendapatkan bantuan seperti kelompok lainnya.

“Dan selama pandemi ini petani khususnya tidak pernah mendapat bantuan-bantuan seperti kelompok nelayan, pedagang atau pengusaha-pengusaha yang lain mas (wartawan, red),” pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan