Cerita SBY yang Memasak Kupat Tahu Khas Pacitan di Momen Libur Tahun Baru 2021

oleh -133 views
SBY saat memasak tahu kupat di Cikeas, Ahad (3/1/2021). (Foto: Dok/FB/SBY)

Pacitanku.com, BOGOR – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memanfaatkan momen libur tahun baru 2021 dengan memasak menu favoritnya, yakni kupat tahu ala Pacitan. Momen SBY masak itu diabadikan di akun facebooknya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Di hari minggu ini, masih dalam suasana Tahun Baru 2021, saya masak kupat tahu ala Pacitan di rumah Cikeas,”kata SBY mengawali tulisan dalam captionnya tersebut, yang dikutip Pacitanku.com.

Menurut SBY, cita rasa kupat tahu Pacitan memiliki rasa yang khas, yang bisa jadi samaenaknya dengan kupat tahu pojok Magelang.

“Untuk teman-teman ketahui, Kupat Tahu Pacitan rasanya khas. Barangkali sama enaknya dengan Kupat Tahu Pojok di Magelang (langganan saya bersama Ibu Ani dulu), atau kupat tahu-kupat tahu andalan di kota-kota lain,”ujar pria yang juga Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat itu.

“Kalau ada waktu, teman-teman bisa mencobanya di “rumah masing-masing”. Salam hangat dari saya dan keluarga,”pungkas SBY.

Untuk diketahui, kupat tahu di Pacitan yang menggunakan kuah gula jawa plus kecap kental bertabur kacang goreng utuh. Kupat tahu berisikan tahu yang digoreng tidak terlalu matang, kupat (ketupat), tauge, kol, dan diguyur air bawang putih dan kuah kecap dan gula jawa. Di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng.

Cita rasa khas kupat tahu Pacitan didapat dari kuah kecap yang kental dalam penyajiannya. Itulah yang membuat kupat tahu Pacitan punya rasa manis yang menonjol dengan rasa gurih bawang putih.