Bahagianya Cabup Pacitan Terpilih Indrata Nur Bayuaji dan Istri yang Rayakan Prosesi Mitoni

oleh -10254 views
Indrata dan istri yang sedang menjalani ritual mitoni pada Ahad (3/1/2021).(Foto: FB/Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Raut kebahagiaan terpancar dari wajah Calon Bupati Pacitan terpilih, Indrata Nur Bayuaji dan istrinya Efi Suraningsih.

Pria yang pada bulan Desember lalu memenangi kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan ini akan segera diberikan momongan setelah 9 tahun menikah. Pada Ahad (3/1/2021), Aji Bersama istrinya menjalani prosesi mitoni atau tingkeban, salah satu ritual adat jawa yang berarti melaksanakan upcara 7 bulanan.

“Setelah 9 tahun masa menikah, akhirnya untuk pertama dalam perjalanan rumah tangga ini, kami diberi berkat dan kepercayaan Allah yang maha Kuasa untuk mengasuh manusia kecil yg masih dalam rahim istri saya,”kata Aji, seperti dituliskan dalam akun facebooknya, Indrata Nur Bayuaji dan dikutip Pacitanku.com.

Menurut Aji, sebagai orang Jawa, upacara mitoni atau tingkepan sangatlah indah maknanya.

“Untuk itu kami jalani sebagai perwujudan rasa syukur atas jabang bayi yang sudah berbentuk sempurna dan juga perwujudan restu pada seluruh keluarga dan Alam semesta dalam kelancaran proses kelahiran nanti,”ujar mantan Ketua DPRD Pacitan ini.

Aji kemudian menceritakan prosesi tingkeban atau mitoni tersebut. Diawali dari sungkeman atau merendahkan tubuh atau ego kepada orang tua dan sesepuh yang telah melahirkan dan mendidik kami menjadi manusia baik.

“Berterimakasih atas peran mereka dalam kehidupan kami, dan kini saatnya kami memohon restu untuk menjadi orang tua baru dalam perjalanan hidup kami,”jelasnya.

Budaya dan tradisi ini, kata Aji, sangatlah menyentuh dirinya dan istrinya, karena menurut Aji, tanpa kedua orang tuanya, dirinya dan istri bukanlah apa-apa.

“Dan sebagai rasa hormat kami akan selalu melestarikan kepada keturunan kami sebagai manusia Jawa. Kemudian dipuncak acara kami laksanakan doa bersama dan sholawatan sebagai rasa syukur kepada Allah YME atas karunia dan rezeki yang melimpah ini,”jelasnya.

Di akhir tulisannya, Aji kemudian menyampaikan terimakasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu terselenggaranya acara mitoni tersebut.

“Terimakasih bapak Haryono, dosen istri saya di kampus atas bimbingan prosesi ini, dan filosofi-filosofi dari setiap proses dan symbol-simbolnya. mbak Ika Nurditalarasati yg membuat acara ini terwujud, @jd_bloom.florist yang mau jauh-jauh mendekor upacara ini, @idhamnugrahadii terimakasi telah mengabadikan tiap obyek jd indah di foto, team @inb_indratanurbayuaji,”pungkasnya.