Indartato Harapkan Bupati-Wabup Pacitan Terpilih Fokus Sukseskan Pembangunan Sektor Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi

oleh -87 views
Ngopi bareng Pak Indartato beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato berharap Bupati dan Wakil Bupati Pacitan periode mendatang terus focus untuk menyelesaikan persoalan pembangunan di berbagi sektor, utamanya di tiga sektor pembangunan.

Hal itu disampaikan Indartato saat berbincang dalam ngobrol inspirasi (Ngopi) bersama Pacitanku.com beberapa waktu yang lalu.

“Jadi gini, bahwa kita itu, dalam rangka melaksanakan pemerintahan ini ada pedomannya, pedomannya itu sesuai Undang-Undang (UU) nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah,”kata Bupati Indartato.

Dalam pedoman tersebut, imbuh pria yang akrab disapa Pak In ini, sudah disebut apa yang mau dicapai selama 20 tahun dan apa yang mau dicapai 5 tahunan.

“Kemudian bagaimana cara mencapainya setiap 5 tahun kan sudah ada ukurannya. Lha, ukuran ini yang akan kita capai mudah-mudahan nanti akhir jabatan ini tahun 2021 ini walaupun tidak bisa tercapai semuanya tapi mendekati, karena keterbatasan yang ada tadi, intinya disitu,”ujar dia.

Sehingga kepada Bupati-Wakil Bupati Pacitan yang baru, Indartato berharap pedoman ini harus ditindaklanjuti terus.

“Karena 20 tahun yang akan datang sampai 2025, sudah ada RPJM Kabupaten Pacitan. Fokusnya ada 3 hal, bagaimana rakyatnya sehat, bagaimana pinter-pinter di sektor pendidikan, yang ketiga ekonominya berkembang terus, termasuk didalamnya sektor pariwisata termasuk agar rakyat dompetnya kandel,”tandasnya.

Secara khusus, Indartato mengucapkan terimakasih atas dukungan, masukan, bantuan, kritikan, aduan dan sebagainya.

“Ini bagus, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan mohon maaf atas segala kekurangan. Dan filosofi yang saya pakai, tetap, ikan itu kalau busuk bukan dari ekornya, tapi dari kepalanya, artinya Pacitan ini kalau tidak baik bukan rakyatnya, yang tidak baik adalah saya,”ujarnya.

Saat disinggung apakah akan maju menjadi Gubernur atau Anggota DPR RI, Indartato mengaku akan menikmati masa purna bhakti.

“Tidak (Maju Caleg, red). Saya fokus momong cucu, dan saya sudah tua, dan kemampuan saya terbatas biar dilanjutkan oleh yang muda-muda,”pungkasnya.

Sebagai informasi, masa jabatan Indartato-Yudi Sumbogo sebagai Bupati dan Wakil Bupati akan segera habis pada awal tahun 2021 mendatang. Adapun sesuai dengan hasil dari Pilbup Pacitan 2020, pengganti Indartato-Yudi Sumbogo adalah pasangan Indrata Nur Bayuaji-Gagarin yang kemungkinan akan dilantik pada bulan April 2020 mendatang.