Waspada Modus Penipuan Menyaru Teman Dekat Berujung Minta Uang

oleh -170 views
Ilustrasi penipuan via WA

Pacitanku.com, PACITAN – Penipuan melalui media sosial seperti WhatsApp kembali terjadi. Kali ini, modusnya menyaru teman dekat, kemudian  menulis chat WA lalu ujungnya minta uang.

“Ya tiba-tiba saya di chat WA. Dari photo profilnya bener itu teman dekat saya, tapi nomornya beda. Curhat orang tuanya sakit, Ujungnya pinjam uang,” kata korban penipuan, Fahmi Kafabih, Jumat (18/12/2020).

Menurut Fahmi, orang yang mengaku teman dekat tersebut awalnya menelepon, kemudian dengan alasan sinyal tidak bagus lalu meminta chat lewat WhatsApp.

“Dini hari dia nelpon. Gugup. Ya saya tadinya ikut panik. Tapi kok nomornya lain. Tapi dia  juga tahu nama saya. Akhirnya saya cek di nomor teman yang sama di nomor yang di Phonebook. Lha ternyata beda orang,”imbuh pria yang juga owner Discover Pacitan ini.

Penipuan model ini sering terjadi di tengah masyarakat, baik melalui pesan SMS, pesan WA, atau langsung melalui telepon.

Mereka dapat berpura-pura menjadi teman atau kerabat dekat Anda yang mengaku sangat membutuhkan uang dengan menggunakan nomor yang tidak dikenal.

Mereka mengarang alasan sedang terkena musibah seperti dirampok, dipenjara, atau bahkan dirawat inap dan meyakinkan kita untuk mengirimkan sejumlah uang. 

Jika tidak ingin menjadi korban, pertama-tama perhatikanlah bahasa yang coba ditiru si penipu.

Gaya percakapan yang digunakan mungkin berbeda, seperti tutur bahasa yang dipilih, cara mereka menjelaskan situasi, dan hal kecil lainnya yang membuat kita ragu.

Jangan lupa pula untuk menanyakan informasi tambahan dari sumber yang terpercaya.

Setelah Anda mengetahui bahwa ini salah satu modus penipuan, WhatsApp mendukung kita untuk melaporkan dan memblokir pengguna tersebut dengan membuka chat > klik kontak atau nama grup > klik Laporkan atau Blok kontak.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan