Masyarakat dan Relawan Kerja Bakti Bantu Rumah Warga Terdampak Longsor di Sudimoro

oleh -1387 views
Masyarakat bersama lintas relawan menggelar kerja bakti untuk membantu penanganan bencana longsor yang menimpa rumah warga di Desa Sudimoro, Kecamatan Sudimoro pada Rabu (11/11/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Masyarakat bersama lintas relawan menggelar kerja bakti untuk membantu penanganan bencana longsor yang menimpa rumah warga di Desa Sudimoro, Kecamatan Sudimoro pada Rabu (11/11/2020).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo yang turun langsung ke lokasi mengatakan kegiatan itu dilakukan masyarakat bersama lintas relawan setempat.

“Hari ini kami melaksanakan kerja bakti dalam rangka  membantu masyarakat di rumah Bapak Noyo, Desa Sudimoro, Kecamatan Sudimoro, kejadiannya adalah longsor akibat hujan deras dengan intensitas tinggi pada tanggal 26 Oktober kemarin,”kata Didik saat ditemui Pacitanku.com di lokasi.

Lebih lanjut, Didik mengungkapkan relawan yang terlibat diantaranya mulai dari relawan BPBD, Tagana Dinsos dan Palang Merah Indonesia (PMI).

”Juga ada dari Saka wira, kemudian dari unsur lain, seperti Pemdes dan masyarakat melaksanakan kerja bakti dalam rangka membantu masyarakat,”ujar Didik.

Didik mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan mencegah adanya longsor susulan.

“Tujuannya adalah karena longsoran ini kita prediksi bisa bertambah jika hujan turun terus. Untuk itu dalam rangka pencegahan kita rapikan kita pasang terpal,”jelasnya.

Dengan dipasangi terpal, imbuh Didik, tujuan utamanya adalah mengurangi kejenuhan tanah hingga berat jenis dari tanah tidak meningkat.

“Yang terjadi adalah menajdi kering, kering adalah tidak mudah longsor, berkaitan dengan hal ini kami mohon dukungan dan terimakasih kepadaberbagai unsur yang telah turut serta dalam kegiatan kerja bakti ini, terimakasih,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan