Dukung Indrata-Gagarin, Kasatkoryon Banser Pacitan Mundur Sementara dari PAC GP Ansor

oleh -13159 views
Logo Pilbup Pacitan 9 Desember 2020. (Foto: KPU Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Satuan Koordinator Rayon (Kasatkoryon) Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) Muhammad Syukron Hidayat menyatakan mundur diri sementara atau cuti dari kepengurusan Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Pacitan.

Mundurnya pria yang akrab disapa Syukron tersebut lantaran dirinya ikut terlibat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pacitan 2020 dengan mendukung pasangan calon nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji-Gagarin.

Syukron mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menjaga netralitas organisasi serta mematuhi instruksi dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

“Ini saya lakukan dalam rangka menjaga netralitas Ansor dalam kegiatan politik praktis serta mematuhi instruksi PWNU Jawa Timur September kemarin. Karena saya niati untuk terlibat dalam Pemilukada Pacitan 2020 dengan mendukung salah satu paslon,”kata Syukron dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Senin (9/11/2020) di Pacitan.

Menurut Syukron, pengunduran dirinya tersebut sudah atas persetujuan agar tidak ada pemanfaatan posisi di kepengurusan Banser pada Pilbup Pacitan 2020.

“Saya sudah memohon ijin pada Sahabat Ketua PAC, Sahabat Ketua PC dan Sahabat Kasatkorcab bahwa saya ingin mengundurkan diri sementara dari kepengurusan karena mendukung Pak Aji dan Pak Gagarin sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati. Dan beliau mendukung langkah pengunduran diri ini agar nantinya saya tidak memanfaatkan posisi saya di kepengurusan Banser dengan menyeret pada salah satu paslon,”jelasnya.

Pengunduran diri ini, imbuh dia, juga sebagai pengingat bagi kader lain bahwa langkah politik apapun diperbolehkan selama itu tidak membawa nama Ansor dan NU ke dalamnya.

Instruksi dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur No. 752/PW/A-II/L/IX/2020 tanggal 07 September 2020 tentang Pemilukada dan proses-proses yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Selain Syukron, ada 3 Kasatkoryon Banser di Pacitan, yakni Kasatkoryon Banser Arjosari Arif Sulistyo, Kasatkoryon Banser Tulakan Imam Sayuti dan Kasatkoryon Banser Punung Ahmad Alfiyanto yang juga mundur dengan alasan yang sama.

Tak hanya itu, tiga pengurus Banser Pacitan masing-masing Imam Syarifudin selaku Kasatkorcab Banser Pacitan, Joko Sungkono selaku Kanit Densus 99 AH Banser Pacitan dan Ketua PAC GP Ansor Arjosari Agus Salim yang menyatakan mundur sementara dengan alasan mendukung Paslon Indrata-Gagarin.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan