Bupati Pacitan Serahkan Penghargaan Kejuaraan Kompetisi Mapel PAI Tingkat SMP

oleh -13100 views
Bupati Pacitan Indartato menyerahkan penghargaan hadiah kejuaraan kompetisi mata pelajaran pendidikan agama islam tingkat SMP. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyerahkan penghargaan hadiah kejuaraan kompetisi mata pelajaran pendidikan agama islam tingkat SMP negeri dan swasta se Kabupaten Pacitan, Senin (9/11/2020) di Pendopo Kabupaten.

Dalam kesempatan itu, Indartato mengapresiasi kreativitas insan pendidik Pacitan dalam mengembangkan dan memberikan pembelajaran kepada para siswa ditengah pandemi COVID-19. Menurutnya, wabah penyakit yang saat ini melanda dunia jangan sampai menyurutkan semangat guru dan siswa dalam belajar. Meskipun dengan cara yang berbeda dari biasanya.

“Ini bukan aib tapi wabah penyakit yang harus kita hadapi dan lawan bersama sama,”kata Indartato, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Menurut Indartato, pandemi COVID-19 memang memengaruhi banyak hal termasuk dunia pendidikan.

Demi memutus mata rantai penyebaran, pemerintah terpaksa mengubah sistim pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui metode daring. Dengan perubahan ini tentu butuh adaptasï dan kreatifitas pembelajaran.

Kompetisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diselenggarakan oleh musyawarah guru mata pelajaran PAI ini menjadi salah satu terobosan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Bupati berharap kegiatan semacam ini terus berkembang dan teragendakan setiap tahun.

“Semoga dengan perlombaan ini anak-anak menjadi generasi yang beriman dan bertaqwa serta dapat mengaplikasikan dalam keseharian,”ujarnya.

Kompetisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam  menurut Kepala Dinas Pendidikan Daryono, merupakan upaya guru PAI dalam menjaga kualitas pendidikan siswa dimasa pandemi. Melalui kompetisi ini pula diharapkan karakter anak yang pandai beriman dan bertaqwa akan terbentuk.

Kompetisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diikuti 40 siswa perwakilan dari masing-masing SMP negeri dan swasta se kabupaten Pacitan. Juara 1 diraih Tiyas Eki Susilowati dari SMPN 4 Pacitan,  juara 2 Reyhana Aprilia dari SMPN 3 Donorojo dan juara 3 diraih oleh Devi Nur Azizah dari SMPN 1 Arjosari. Sedangkan juara harapan 1 diraih Endang Lestari dari SMPN 2 Tegalombo dan juara harapan 2 diraih oleh Zada Nabila Shofa dari SMP IT Arahmah.

Video Mayoritas Murid di Pacitan Inginkan Masuk Sekolah, Jenuh Belajar Daring?