Ada Temuan Goa Baru di Pringkuku, Indartato Beri Nama Goa Jambu

oleh -13405 views
Goa Jambu yang terletak di Desa Ngadirejan Kecamatan Pringkuku Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Setelah Pacitan memiliki Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Punung yang terkenal dengan keindahan stalagtit dan stalagmitnya. Kemudian juga Goa Tabuhan dengan keunikanya kini muncul temuan goa baru.

Goa tersebut berlokasi di Dusun Jambu Desa Ngadirejan Kecamatan Pringkuku.

Masyarakat sekitar mengenal goa tersebut sebagai Gua Luweng Ombo. Sisi menantang dari gua baru ini adalah, untuk mencapai mulut gua pengunjung harus turun sedalam kurang lebih 30 meter. Baru setelah itu terdapat ruang gua horizontal.

Seperti halnya goa lain di Pacitan, karakter goa karst akan terlihat di goa baru ini. Namun, untuk menikmati stalagtit maupun stalagmit yang lebih indah pengunjung harus melewati beberapa genangan air serta menyusuri lorong gua yang cukup panjang.

Untuk sementara go baru tersebut belum dibuka untuk umum.Hal itu dikarenakan belum memiliki fasilitas yang memadai.

“Kita upayakan ada perencanaan pengembangan ditahun 2021 agar harapan masyarakat untuk menjadikan gua ini sebagai destinasi wisata terwujud,” kata Bupati Indartato saat berkunjung ke lokasi gua, Jum’at (9/10/2020) seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Selanjutnya, atas persetujuan warga, Bupati Indartato mengusulkan nama untuk gua baru tersebut.

Indartato beralasan, nama Luweng Ombo sudah melekat pada goa vertikal yang ada di Desa Klepu Kecamatan Donorojo. Agar mudah dikenal masyarakat luas, bupati memberi nama gua tersebut dengan sebutan Goa Jambu.

“Sesuai nama lokasi goa berada maka goa ini saya beri nama Goa Jambu,”kata Indartato yang disambut tepuk tangan warga.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan