Kadisparpora Sebut Animo Masyarakat yang Ingin ke Goa Gong Sangat Tinggi

oleh -13163 views
Goa Gong Pacitan. (Foto: Instagram Akawimi/Pacitanku)

Pacitanku.com, PUNUNG – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Tengku Andi Faliandra menyebut animo masyarakat yang ingin berwisata ke Pacitan terutama Goa Gong sangat tinggi.

Ada rasa kangen dan penasaran dari para wisatawan untuk kembali menyaksikan keindahan obyek wisata terindah se-Asia Tenggara itu setelah tutup cukup lama.

Demikian pula dengan para pengelola serta pelaku pariwisata yang menggantungkan hidup dari obyek wisata Goa Gong.

“Seperti masukan bapak Kapolres serta bapak Dandim kita bentuk satgas mandiri yang bertanggungjawab mengawasi dan mengatur protokol kesehatan di masing-masing obyek wisata,”kata Andi Faliandra saat acara Penyerahan Sertifikat Adaptasi Kebiasaan Baru kepada sejumlah obyek wisata, di lokasi wisata Goa Gong Desa Bomo Kecamatan Punung, Jumat (25/9/2020) dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Pembentukan satgas mandiri ini cukup beralasan mengingat tiga obyek wisata yakni Goa Gong, Goa tabuhan Pemandian Banyu Anget termasuk destinasi wisata resiko tinggi.

Karena alasan itulah, Disparpora serta gugus tugas mempersiapkan betul obyek wisata tersebut dengan memberikan pendampingan selama pra simulasi.

“Tantangan terbesar pengelola pariwisata adalah bagaimana mengontrol banyaknya tamu yang datang,”ujar Andi.

Untuk diketahui, destinasi wisata yang sudah dibuka di Pacitan tersebut kembali bertambah menjadi total 18 destinasi. Dari 18 tersebut, 15 diantaranya masuk fase uji coba dan 3 lainnya masih tahap fase simulasi.

Adapun 15 destinasi wisata yang mengantongi sertifikat uji coba adalah Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pantai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Kemudian Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Watukarung di Desa Watukarung kecamatan Pringkuku, Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan.

Selanjutnya adalah Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan di Desa Widoro kecamatan Donorojo, kemudian Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Sungai Maron di Desa Dersono kecamatan Pringkuku, Pantai Ngiroboyo di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Sentono Gentong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo.

Sementara, obyek wisata di Pacitan yang memasuki fase simulasi adalah Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung, Goa Tabuhan di Desa Wareng Kecamatan Punung dan Pemandian Air Hangat Tirta Husada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan