Peringati WCD, Lembaga Sosial KSB Edukasi Warga Tulakan Pentingnya Kelola Sampah Limbah Rumah Tangga

oleh -13125 views
Lembaga Sosial Kalikuning Sigap Bersinergi (KSB), mempunyai cara tersendiri yakni dengan memberikan edukasi masyarakat Desa Kalikuning

Pacitanku.com, PACITAN – Memperingati World Clean-up Day (WCD) pada Sabtu (19/9/2020), Lembaga Sosial Kalikuning Sigap Bersinergi (KSB), mempunyai cara tersendiri yakni dengan memberikan edukasi masyarakat Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan, Pacitan tentang pentingnya mengelola sampah dari limbah rumah tangga.

Puluhan anggota Relawan KSB disebar dari pintu ke pintu warga desa setempat. Warga diharapkan dapat mengelola sampah organik, non organik dan rasidu. Sebab, jika sampah terkelola dengan baik polusi udara pun segar sehingga dapat terjaga terhindar dari penyakit.

“Kesadaran akan kebersihan ini sangat penting. Melihat masih banyaknya sampah keluarga ditengah masyarakat yang masih kurang terkelola. Namun, saat ini, tadi di lapangan sebagian warga sudah sadar dan memberikan tempat tersendiri antara sampah organik dan non organik,”kata, Ketua PKK Desa Kalikuning, Santi, saat mengikuti sosialisasi bersama Relawan KSB, Sabtu (19/9/2020) dalam keterangan pers tertulisnya.

Sementara, Ketua KSB, Rudianto mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Relawan kepada kebersihan yang berada di tengah-tengah masyarakat. Dia, mewanti-wanti akibat sampah menjadi penyebaran penyakit hingga menyebabkan bencana alam.

“Jika sampah tidak dikelola dengan baik sisi kesehatan juga berkurang. Tentu sisi alam jika saat hujan turun akan menyumbat air mengalir berdampak kepada lingkungan kumuh dan benjana alam,”terangnya.

Atas gerakan tersebut salah satu warga Kalikuning, Supritani (25), menyambut positif dan mengungkapkan terimakasih sudah berikan pemahaman tentang pengelolaan sampah. Dia menyadari sangat penting pengetahuan tersebut agar lingkungan tetap terjaga dengan bersih.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus, saya sangat berterima kasih sekali, karena jika,”katanya.

Anggota Relawan KSB Desa Kalikuning, Tulakan Pacitan di bagi menjadi tiga kelompok. Selain edukasi tentang kebersihan juga sosialisasi akan bahaya penularan pandemi COVID-19, disiplin melakukan protokol kesehatan serta membagikan masker.

Editor: Dwi Purnawan