Pemkab Pacitan Serahkan Sertifikat AKB untuk 13 Obyek Wisata, Pantai Klayar Dibuka untuk Umum

oleh -13280 views
PENYERAHAN SERTIFIKAT. Bupati Pacitan Indartato saat memberikan sambutan dalam pemberian sertifikat AKB pada Jumat (28/8/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Obyek wisata Pantai Klayar di Desa Sendang, kecamatan Donorojo kini resmi mengantongi sertifikat uji coba per Jumat (28/8/2020). Artinya, obyek wisata yang dikenal dengan seruling samuderanya itu kini bisa dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan dari luar kota. Itu setelah satu bulan Pantai Klayar melewati masa simulasi.

Selain pantai Klayar, enam obyek wisata lainnya juga memasuki fase uji coba, yakni Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Watukarung di Desa Watukarung kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Dorr di Keluraha Ploso, Kecamatan Pacitan.

Sebelumnya, dua obyek wisata di Pacitan lainnya telah mengantongi sertifikat ujicoba, yakni pantai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo Pacitan dan Beiji Park di Desa Dadapan kecamatan Pringkuku.

Pemberian sertifikat uji coba kali ini dilaksanakan di obyek wisata Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Selain pemberian sertifikat uji coba, Pemkab juga memberikan sertifikat rekomendasi fase simulasi untuk tujuh obyek wisata.

Adapun 7 obyek wisata yang mengantongi fase simulasi itu adalah Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan di Desa Widoro kecamatan Donorojo, kemudian Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku.

Selanjutnya adalah sungai Maron di Desa Dersono kecamatan Pringkuku, Pantai Ngiroboyo di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Sentono Gentong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo.

Bupati Pacitan yang hadir dalam penyerahan sertifikat tersebut meminta pelaksanaan obyek wisata di masa adaptasai kebiasaan baru harus dalam standarisasi protokol kesehatan. Menurut Indartato, protokol kesehatan harus dilaksanakan agar COVID-19 dapat dicegah.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Tengku Andi Faliandra saat ditemui Pacitanku.com di kantornya mengatakanan gugus tugas telah menyerahkan sertifikat adaptasi kebiasaan baru untuk obyek wisata di Pacitan, yakni baik fase simulasi ada 7 destinasi sisanya sudah naik tingkat menjadi fase uji coba.

“Fase uji coba ini merupakan fase kenaikan dimana mereka ini bisa menerima tamu diari luar Pacitan, tetapi belum boleh menggunakan bus, artinya hanya kendaraan family car,”ujar Andi.

Andi mengharapkan, dengan penyerahan ini dapat memulai menggerakkan ekonomi di Pacitan khususnya sektor pariwisata.

“Fase ini juga tentunya harus dibarengi dengan pengelolaan dan kesehatan baik pengunjung maupun pengelola, tentu adaptasi kebiasaan baru ini harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata,” pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Sertifikat AKB untuk 13 Obyek Wisata di Pacitan Diserahkan, Pantai Klayar Dibuka untuk Umum