Perangkat ADM dari Gubernur Jatim Belum Difungsikan, Apa Penyebabnya?

oleh -13106 views
MESIN ADM. Gubernur Khofifah, Mendagri dan Menkopolhukam saat launching mesin ADM di Surabaya, Jumat malam. (Foto: Dok Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, PACITAN – Perangkat anjungan dukcapil mandiri (ADM) bantuan dari Gubernur Jatim untuk Pemkab Pacitan, sampai detik ini belum difungsikan.

Perangkat berbasis digital tersebut, sedianya hendak dioperasionalkan layaknya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik perbankan, dengan harapan akan lebih mempermudah pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pacitan, Supardianto, membenarkan belum berfungsinya ADM bantuan dari Gubernur Jatim tersebut.

Ia mengatakan, hingga detik ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, guna meminta jadwal penginstalan perangkat lunak dari alat tersebut.

“Yang bisa nginstal hanya dari pusat. Saat ini kita masih menunggu jadwal. Sebab mereka juga keliling seluruh Indonesia untuk melakukan penginstalan dari perangkat tersebut,” kata Supardianto, Kamis (6/8/2020).

Mantan Kepala Satpol-PP ini juga belum bisa memastikan, dimana ADM nantinya akan dipasang. Apakah di lingkungan pemkab atau ditempat umum seperti ATM pada umumnya, ia juga belum bisa memastikan.

“Kita instal dulu. Setelah itu baru kita uji coba. Setelah lancar, baru akan kita mintakan petunjuk ke Pak Bupati, dimana alat tersebut nantinya akan dipasang,”jelasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan