Desa Kembang akan Jadi Desa Percontohan Penataan Kampung Nelayan

oleh -13127 views
Plt Dinas Perikanan Pacitan Sumorohadi. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Belum lama ini, Desa Kembang, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, sempat heboh gegara kasus covid-19. Sebab beberapa warga di desa tersebut positif terinfeksi virus SARS-COV-2.

Namun tak lama lagi, desa yang berjarak kurang lebih 5 km dari pusat kota itu bakal menjadi desa percontohan dalam hal penataan kawasan kampung nelayan se- Provinsi Jatim

“Se- Provinsi Jatim memang dipusatkan di Desa Kembang,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan, Sumorohadi, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, saat ini proposal kegiatan sudah masuk ke Pemprov Jatim. Sebab kegiatan tersebut sepenuhnya akan didanai dari pusat dengan kemitraan BUMN melalui program corporate social responsibility (CSR).

“Proposal juga sudah dilakukan survey oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pusat,” jelas pria yang juga menjabat sebagai staf ahli Bupati Pacitan ini.

Lebih lanjut, Sumorohadi mengatakan, kegiatan penataan kawasan kampung nelayan tersebut, seperti halnya peningkatan jalan, perbaikan drainase, dan pengadaan kontainer sampah.

“Desa Kembang bisa masuk dan terpilih karena ditunjang potensi bidang perikanannya cukup tinggi. Sehingga dianggap layak dan akhirnya bisa terpilih,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan