Pedagang Pantai Klayar Senang Kembali Berjualan Setelah Sempat “Lockdown” Lima Bulan

oleh -13230 views
DIBUKA LAGI. Indartato saat berada di kawasan pantai Klayar penyerahan sertifikat AKB, Senin (27/7/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Tumilah, salah satu pedagang di Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo mengaku senang dirinya kembali berjualan setelah obyek wisata tersebut dibuka kembali untuk wisatawan lokal pada Senin (27/7/2020).

Saestu kulo seneng sanget pun mulai saget malih sadean (Saya benar- benar senang dapat memulai lagi berjualan),”kata Tumilah, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Kebahagiaan Tumilah, seakan mewakili perasaan ratusan pelaku pariwisata lain menyambut rekomendasi fase simulasi destinasi wisata di Desa Sendang kecamatan Donorojo itu.

Baca juga: Pantai Klayar Resmi Dibuka di Masa Simulasi, Sementara Khusus untuk Wisatawan Lokal

Senada dengan Tumilah, Murtini, salah satu pedagang di kawasan Pantai Klayar lainnya mengaku lega setelah Pantai Klayar kembali dibuka.

“Tentu ini sangat melegakan, meskipun kami juga ada perasaan takut,”ujar Murtini.

Meski terbatas bagi pengunjung lokal, Ibu dua anak itu menyambut optimis pantai Klayar dibuka kembali.

Murtini mengatkan, setelah ditutup sekitar bulan Maret lalu, penghasilan nyaris hilang. Untuk dapat bertahan, Ia dan suami beralih profesi sementara dengan bertani. Beruntung, ada bantuan dari pemerintah untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari hari.

Diberitakan sebelumnya, Pantai Klayar akhirnya resmi dibuka di masa simulasi adaptasi kebiasaan baru (AKB). Pembukaan ini diresmikan setelah Bupati Pacitan Indartato menyerahkan sertifikat AKB dan rekomendasi fase simulasi destinasi wisata pada Senin (27/7/2020) di kawasan wisata Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo.

Selain Pantai Klayar, dua obyek wisata yang dikelola Pemkab lainnya, yakni Pantai Watukarung di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan juga mendapatkan rekomendasi pembukaan fase simulasi.

Namun demikian, pada masa simulasi ini, Pemerintah setempat masih membatasi kunjungan hanya diperuntukkan untuk wisatawan lokal Pacitan.

Saat ini, di Kabupaten Pacitan memiliki 19 obyek wisata , dimana Sembilan diantaranya dikelola pemerintah daerah dan sisanya dikelola pemerintah desa dan swasta.

Dari 19 obyek wisata tersebut, delapan diantaranya sudah mengantongi sertifikat AKB dan memasuki fase simulasi. Obyek wisata tersebut adalah Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, kemudian Parai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Kemudian Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo. Dan juga Pantai Klayar di Desa Sendang kecamatan Donorojo, Pantai Watukarung di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Dorr di Kelurahan Ploso, Pacitan.

Editor: Dwi Purnawan
Sumber: Humas Pemkab Pacitan