Libatkan 150 Pesilat, Kodim 0801/Pacitan Gelar Festival Pencak Silat

oleh -13169 views
Sejumlah pesilat ikuti kegiatan festival seni pencak silat Kodim 0801/Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menyelenggarakan festival pencak silat dalam rangka komsos kreatif triwulan I Tahun 2020. Kegiatan yang melibatkan sekitar 150 pesilat tersebut, bertajuk “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaktif.”

Ketua IPSI Kabupaten Pacitan, Syamsudin menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh peserta yang hendak bertanding.

“Kegiatan ini sebagai media untuk menjalin sinergitas antara Kodim 0801/Pacitan, dengan perguruan silat. IPSI diharapakan bisa menjaga ketertiban, perdamaian dan mendukung semua program pemerintah,” tuturnya, Senin (20/7/2020).

Menurut Syamsuddin, IPSI harus menjadi garda terdepan dalam menghadapi Covid 19, sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Disiplin yang tinggi harus dimulai dari diri sendiri sehingga terbentuk manusia yang berguna. Kami (IPSI) tidak menginginkan antar perguruan ada gesekan. Karena kita semua diciptakan dan dididik untuk berinteraksi dengan yang lain. Dalam kegiatan ini diharapkan semua anggota IPSI bisa menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding,”pesannya.

Sementara itu, Dandim 0801 /acitan, Letkol Inf Nuri Wahyudi mengatakan, selain sebagai penyelenggara kegiatan, Kodim 0801 Pacitan, juga sebagai satuan kewilayahan dan menjaga kedaulatan NKRI.

“Kami juga membantu pemerintah daerah. Komsos  ini untuk menjaga dan melestarikan seni bela diri pencak silat di Pacitan,” timpalnya.

Menurut Letkol Nuri, sebagai bangsa, harus bangga dengan seni bela diri asli Indonesia dan menjadi alat pemersatu bangsa.

“Kegiatan ini untuk menjalin sinergitas antara perguruan pencaksilat se -KabupatenPacitan dalam menuju adaptasi Pacitan sehat. Melalui komsos mengajak seluruh atlit dan seluruh perguruan silat untuk mematuhi protokol kesehatan. Sehingga Pacitan aman dan bebas COVID-19,” jelasnya.

Kegiatan dimulai dengan ditandai pemukulan gong, yang dilakukan Dandim Nuri Wahyudi dengan didampingi seluruh tamu undangan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan