Kadisparpora Pacitan: Pantai Klayar dan Teleng Ria Sedang Proses Dapatkan Sertifikasi

oleh -13281 views
PERPANJANGAN. Pemkab Pacitan memperpanjang masa penutupan tempat wisata hingga 5 April 2020 mendatang. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com,PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Tengku Andi Faliandra menyebutkan sejumlah obyek wisata di Pacitan sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi tahap simulasi pembukaan obyek wisata.

“Sampai hari ini baru ada satu yang lolos sertifikasi, lainnya sedang proses mendekati, diantaranya parai Teleng Ria, Pantai Klayar, dan beberapa destinasi di Pacitan timur,”katanya saat dihubungi Pacitanku.com pada Kamis (9/7/2020) di Pacitan.

Untuk diketahui, proses sertifikasi penerapan new normal pariwisata di kabupaten Pacitan mengharuskan banyak prasyarat bagi pelaku usaha wisata. Diantaranya sertifikasi penerapan protokol kesehatan, sertifikasi lolos kesehatan, dan pembatasan jumlah wisatawan yang memerlukan adaptasi baru guna lolos dalam sertifikasi tersebut.

Baca juga: Sertifikat Diserahkan, Wisata Beiji Park Masuki Tahap Simulasi

Atas hal itu, Andi mengatakan pihaknya sedang menyusun terkait kelanjutan pembukaan wilayah pariwisata untuk didiskusikan dengan gugus tugas.

“Kita sedang memetakkan, mana-mana yang boleh buka, mana yang belum, keterkaitan dengan pembukaan destinasi yang tidak berdampak,”tandasnya.

Menurut Andi, keputusan pembukaan destinasi wisata menjadi kewenangan gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Pacitan.

“Jadi nanti akan ada pemberitahuan yang di keluarkan oleh satgas gugus tugas kabupaten, karena gugus tugas yang punya kewenangan,”ujar dia.

Andi juga mengimbau agar masyarakat dapat bersama-sama memahami betul protokol kesehatan dalam persiapan masa new normal pariwisata.

“Saya tetap memohon dan turut mengimbau pada orang luar bahwa kita sehat, cinta kesehatan, dan mengikuti protokol kesehatan, ekonomi hanya akan dibangun apabila kita sehat, termasuk di pariwisata,”pungkasnya.

Baca juga: Healthy Tourism Jadi Jargon Baru New Normal Pariwisata Pacitan

Sebagai informasi, hingga berita ini ditulis, baru satu destinasi wisata di Pacitan yang telah mendapatkan sertifikasi protokol kesehatan, yakni Beiji Park di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Sebagaimana surat edaran Bupati Pacitan nomor 440/255/408.35/2020 tentang panduan teknis protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum pada tatanan kenormalan baru sektor pariwisata, gugus tugas membagi tahapan pembukaan usaha pariwisata menjadi tahap pra simulasi, simulasi selama maksimal 1 bulan dan tahap uji coba sampai dengan Senin (30/11/2020) mendatang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Ini Tahapan Pembukaan Pariwisata Pacitan Masa New Normal