Butuh Kedisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Pilbup

oleh -13123 views
Logo Pilbup Pacitan 9 Desember 2020. (Foto: KPU Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Penyelenggaraan Pilbup ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) dibutuhkan kedisplinan ekstra dari semua pihak dalam menerapkan porotokol kesehatan.

Tidak hanya penyelenggara, namun masyarakat pemilih diharuskan juga taat untuk menerapkan standar operasional prosedur (SOP), pencegahan COVID-19.

Hal tersebut disampaikan juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, sesaat setelah mengikuti seminar tentang pelaksanaan Pilbup ditengah wabah coronavirus, Ahad (5/7/2020) malam, kemarin.

Menurut Rachmad, setiap tahapan penyelenggaraan Pilbup, diwajibkan menerapkan porotokol kesehatan. Utamanya pemakaian alat pelindung diri (APD) bagi penyelenggara. Apalagi saat hari H pemungutan dan perhitungan suara, pemilih juga harus melengkapi dengan APD.

“Kita berharap agar tidak muncul klaster sebaran COVID-19 baru, dibalik penyelenggaraan Pilbup,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pacitan, Sulis Styorini menegaskan, bahwa disetiap tahapan Pilbup, memang wajib untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Utamanya masker, harus ada. Baik bagi penyelenggara maupun pemilih,” ujarnya, secara terpisah.

Karena itu, detik ini KPU sudah mempersiapkan proses pengadaan APD guna penyelenggaraan tahapan Pilbup. “Dalam waktu dekat ini, kita akan segera melahirkan pencocokan dan penelitian data pemilih,” tuturnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan