WHO Ingatkan Kemungkinan Kemunculan COVID-19 Jilid Kedua, ini Pesan Jubir Gugus Tugas Pacitan

oleh -13295 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Badan kesehatan dunia (WHO), kembali menyampaikan peringatan kepada dunia, agar lebih waspada lagi terhadap serangan coronavirus disease 2019 (COVID-19), yang sampai detik ini semakin menjadi. Pasalnya, dimasa new normal ini, penambahan jumlah pasien terpapar terus meningkat.

Setiap hari, hampir 150 ribu penduduk dunia terpapar virus SARS-CoV-2 tersebut.  Sedangkan di Indonesia, paparan COVID-19 juga sulit terkendali.

Di Jatim sendiri, menurut juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, jumlah masyarakat terinfeksi COVID-19 mencapai 9 ribuan lebih dan 698 pasien diantaranya meninggal dunia.

Rachmad, mengingatkan, sebagaimana rilis badan kesehatan dunia, bahwa masyarakat jangan mengabaikan COVID-19.

“WHO kembali mengingatkan, bahwa COVID-19, merupakan penyakit mematikan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kematian di Amerika, dan Italia yang semakin hari semakin bertambah. Lain itu, sampai saat ini belum ditemukan obat maupun vaksinnya,”jelasnya.

Untuk itu, gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, kembali mempertegas, agar era new normal, jangan disalahartikan. Pemerintah membuka kembali, interaksi masyarakat, dengan harapan roda perekonomian dapat kembali berputar.

Namun pada kenyataannya, masyarakat salah memahami. Tatanan new normal, dianggap kalau COVID-19 sudah berlalu. Padahal, virus yang diklaim berasal dari daratan China tersebut, masih berkeliaran.

“Kami kembali ingatkan, agar masyarakat jangan lengah. Selalu disiplin dengan porotokoler kesehatan. Utamanya pakailah masker saat keluar dari rumah dan lebih baik stay at home, kalau tidak ada keperluan mendesak,” imbaunya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan