Satu PDP Asal Ngadirojo Meninggal Dunia, ini Penjelasan Jubir Gugus Tugas COVID-19

oleh -13487 views
Rachmad Dwiyanto jubir percepatan penanganan COVID-19 di Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Satu lagi pasien dalam pengawasan (PDP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) asal Kecamatan Ngadirojo, meninggal dunia.

Menurut keterangan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, PDP yang meninggal dunia terebut merupakan PDP yang ke-18. “Jenis kelamin laki-laki, berusia sekitar lima puluh tahunan,” ujarnya, Ahad (21/6/2020).

Dengan mangkatnya satu PDP tersebut, tentu semakin menambah daftar PDP COVID-19 di Kabupaten Pacitan yang meninggal dunia.

“Sehingga total jumlah kematian PDP menjadi 5 orang. Masih menyisakan 1 PDP yang dirawat di RSUD dan yang mengalami kesembuhan sejumlah 12 orang,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Baca juga: PDP di Pacitan Bertambah Satu Orang

Rachmad mengatakan, dengan kejadiaan ini diharapkan bisa menjadi bahan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, agar selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam mencegah dan menangani penularan COVID-19.

“Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. Karena COVID-19 hanya bisa dilawan oleh imunitas tubuh yang sehat. Selalu memakai masker dan menjaga jarak bila berintetaksi sosial. Sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir,” imbaunya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang diperoleh Pacitanku.com dari laman gugus tugas COVID-19 Pacitan per Sabtu (20/6/2020)pukul 13.00 WIB telah memantau total 25.064 orang.

Dari total pantauan tersebut, 23.803 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 647 orang dalam pemantauan (ODP), 18 PDP, 578  orang tanpa gejala (OTG) dan 18 positif COVID-19. Dari 18 pasien positif COVID-19 tersebut, 8 diantaranya sudah sembuh dan 10 diantaranya masih dirawat.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan