Waspada di Masa New Normal, Corona tak Pandang Usia dan Strata Sosial

oleh -13146 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, harus lebih fokus pada penanganan kesehatan dan ekonomi masyarakat, seiring pelaksanaan new normal.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, era new normal, tak bisa dipandang sepele.

Menurut Rachmad, dustru di tatanan normal baru, ancaman terhadap serangan coronavirus, akan semakin masif terjadi. Mengapa begitu, sebab masyarakat sudah akan menjalankan aktivitas perekonomiannya.

“Kalau mereka teledor dalam menjalankan protokol kesehatan, tentu COVID-19, sewaktu-waktu bisa mengancam. Ini yang harus lebih diperhatikan,” ujarnya, Jumat (12/6/2020).

Apalagi selama masa pandemi ini berlangsung, sebaran COVID-19  tak pilih-pilih. Siapapun tak kenal usia, tua-muda dan juga klaster ekonomi, bukan menjadi penghalang bagi virus SARS-CoV-2 untuk menginfeksi.  Karena itu, tak sedikit para petugas medis yang terpapar, bahkan tak sedikit pula yang mangkat.

“Karena itulah, gugus tugas, akan semakin masif melakukan pengawasan dan pemantauan di tatanan new normal ini,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pacitan, tersebut.

Lebih lanjut, Rachmad mengatakan, pandemi global coronavirus, pemerintah bukan hanya terkonsentrasi pada penanganan bidang kesehatan. Namun perekonomian masyarakat, yang juga ikut terpuruk, menjadi skala prioritas penanganan.

“Kita ada anggaran untuk infoccusing. Karena itu, di tahap kedua refoccusing dan realokasi, gugus tugas juga lebih memperhatikan penanganan dampak ekonomi masyarakat dan sosial,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan