Pulihkan Pelayanan, Puskesmas Bubakan Segera Terapkan Protokol New Normal

oleh -254 views
Kepala UPT Puskesmas Bubakan dr Rini Endrawati. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejak ditetapkannya status tanggap darurat coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan pada 17 Maret 2020 lalu, banyak pelayanan kesehatan masyrakat umum di beberapa Puskesmas sedikit terhambat.

Semua konsentrasi pelayanan kesehatan langsung tertuju pada proses penanggulangan penyebaran COVID-19, sehingga layanan kesehatan lain seperti layanan kesehatan ibu anak, Posyandu, layanan poli gigi menjadi terhenti. Hal itu dikarenakan hampir semua konsentrasi tenaga kesehatan tercurah dalam penanganan COVID-19.

Aturan pembatasan fisik, juga berpengaruh dalam proses layanan, banyak warga atau pasien yang enggan untuk memeriksakan diri kepada sentra pelayanan kesehatan masayarkat dengan dalih aturan atau takut terpapar corona.

Melihat hal tersebut, pusat kesehatan masyarakat Desa Bubakan, Kecamatan Tulakan, Pacitan  mencoba menyiapkan diri  lebih awal untuk Kembalikan pelayanan masyarakat dengan protokol new normal.

“Diakui selama Pandemi ini banyak layanan masyakat yang terabaikan. Dan untuk itu kami harus segera memulihkan semua, paling tidak layanan  kesehatan masyakat, sperti kesehatan ibu anak harus segera dikembalikan seperti biasa. Dengan Protokol yang berlaku,”kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bubakan, dr Rini Endrawati, Rabu (10/6/2020).

Menurut dr Rini, percepatan pemulihan layanan kesehatan masyarakat dengan protokol new normal bukan hanya tentang bagaimana layanan kesehatan dibuka kembali seperti sediakala, tapi secara edukasi masyarakat juga harus paham tentang pengertian new normal.

“Bukan hanya dipulihkan aktifitasnya, tapi protokol kesehatan juga harus disiapkan, edukasi masyarakat juga harus dilakukan, tentang apa itu new normal, dan ini kami tenaga kesehatan Bubakan harus turun langsung kemasyarakat untuk beri edukasi. Bukan hanya, ‘ok layanan kesehatan di Puskesmas dibuka silahkan datang kembali’, tapi penjangkauan ke masyarakat yang juga harus disiapkan dulu,”ungkapnya kepada pewarta.

Perlu diketahui, pengertian new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun perubahan ini ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

“Supaya aktifitas normal kembali tapi tetap beradaptasi menjaga agar virus tidak menular dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), mematuhi protokol kesehatan dengan gunakan masker jaga jarak jaga kebersihan. Kalau kita mulai dari sekarang ya layanan masyarakat minggu akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah kembali terbuka di Puskesmas,”pungkas dr Rini.

Penulis: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan