Klaster Baru Corona dari Pelantikan Disdik Jatim Mengintai, Gugus Tugas di Pacitan Lakukan Tracing

oleh -13761 views
Plt Kadinkes T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabar kurang menyenangkan terkait coronavirus disease 2019 (COVID-19) muncul di Jawa Timur.

Hal tersebut adalah adanya kabar klaster baru dari pelantikan pengawas dan Kepala Sekolah SMA dan SMK dibawah Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur untuk peserta tingkat provinsi yang berlangsung tanggal 20 Mei yang lalu di Gedung BKD Jawa Timur.

Dalam pelantikan yang diikuti 240 peserta ditengarai bisa menjadi klaster baru dalam penyebaran COVID-19.

Hal ini didasarkan pada temuan 2 peserta yang diduga orang tanpa gejala (OTG) COVID-19. Bahkan 1 diantaranya meninggal dunia.

Dari ratusan rombongan guru pendidikan menengah yang mengikuti pelantikan tersebut, ada beberapa diantaranya berasal dari salah satu SMKN di Kecamatan Pacitan. Secara kebetulan mereka ikut di tahapan keempat proses pelantikan.

Atas temuan itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka membenarkan adanya klaster baru COVID-19 asal Dinas Pendidikan Provinsi Jatim.

“Rabu (3/6/2020) besok akan kita laksanakan tracing terhadap beberapa guru yang pernah hadir dalam prosesi pelantikan calon kepala sekolah di Surabaya,”ujar dokter yang akrab disapa Hendra ini, Selasa (2/6/2020).

Menurut Hendra, dari hasil tracing sementara memang ada dua guru dari salah satu SMKN di Pacitan, yang patut diduga untuk dilakukan uji swab.

Swab tersebut, kata Hendra, baik kepada yang bersangkutan maupun lingkungan keluarga yang ada kontak erat dengan kedua guru tersebut.

“Akan kita swab, baik kepada kedua guru tersebut maupun keluarga,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan