Kadisdik Pacitan: Belajar di Rumah Kemungkinan Kembali Diperpanjang

oleh -13589 views
Siswa sekolah di salah satu persawahan di Kecamatan Bandar, Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN– Masa belajar dirumah ditengah wabah coronavirus disease 2019 (covid-19), berpotensi untuk kembali diperpanjang.

Sebab sampai saat ini, badai covid-19 belum juga usai. Bahkan hampir setiap hari, jumlah pasien terpapar covid-19 kian bertambah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Daryono mengatakan, ada kemungkinan masa belajar dirumah bagi semua siswa didik, akan kembali diperpanjang.

Saat ini organisasi perangkat daerah (OPD) dibawah kendalinya, masih menunggu keputusan dari komandan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Bupati Indartato.

“Kita sudah melayangkan surat ke bupati. Saat ini masih menunggu keputusan yang akan diambil oleh gugus tugas,” ujarnya, Jumat (29/5).

Menurut Daryono, sebelumnya masa belajar dirumah akan berakhir pada 2 Juni nanti. Namun seiring masih berlangsungnya pandemi covid-19, belajar dirumah kemungkinan besar akan diperpanjang sampai 20 Juni nanti.

“Setelah tahapan tersebut, masa libur semester,” jelasnya.

Sebagaimana informasi dari pemerintah pusat, siswa didik akan kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada 13 Juli nanti.

Namun, lanjut Daryono, pihaknya belum bisa memastikan terkait metodelogi pembelajarannya. Apakah masih menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau secara klasikal, sejauh ini belum ada keputusan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi.

“Yang pasti, tahun ajaran baru akan kembali dilaksanakan pada 13 Juli. Namun soal metodologi pembelajaran, masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan