Anggaran Negara Kembali Terkuras untuk Pagelaran Pilbup Serentak Ditengah Wabah Corona

oleh -0 Dilihat
Ikon Pilbup Pacitan 2020

Pacitanku.com, PACITAN – Anggaran negara bakal semakin terkuras untuk penyelenggaraan Pilbup serentak ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus mengatakan, nominal angggaran sebesar Rp 11,5 miliar lebih yang semula sudah dianggarkan oleh Pemkab Pacitan guna pengawasan tahapan Pilbup, sepertinya akan kembali membengkak.

Baca juga: Pilbup Ditengah Wabah Corona,  Pengawasan Bawaslu Bisa Terkendala

Sebab setiap tahapan pengawasan yang dilaksanakan Bawaslu, akan banyak membutuhkan pembiayaan cukup besar.

“Bisa jadi nggak cukup anggaran itu. Sebab pelaksanaan Pilbup, ditengah wabah coronavirus,” ujarnya, Kamis (28/5/2020).

Kenaikan biaya pagelaran Pilbup serentak tersebut, lantaran adanya COVID-19. Mau tak mau, negara punya konsekuensi besar dari sisi anggaran.

“Semua komponen lembaga pengawasan, harus mematuhi protokol kesehatan. Tentu semua tak lepas dari peralatan. Seperti alat pelindung diri (APD) bagi semua penyelenggara pemilu saat melakukan kegiatan. Belum lagi mengenai logistik yang juga harus dipersiapkan secara khusus,” beber mantan Sekertaris KPU Pacitan ini.

Terkait banyaknya biaya yang harus dikeluarkan negara dalam rangka suksesi Pilbup serentak, menurut Berty masih dalam pembahasan di pusat. Apakah bersumber dari APBN atau APBD, Berty belum bisa memastikan.

“Kalau APBD sepertinya nggak mungkin. Sebab sudah banyak terfokus untuk penanganan coronavirus,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.