Pengusaha di Pacitan Desak Pemerintah Bisa Berikan Bantuan Tunai untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

oleh -13220 views
Pengusaha ekspedisi Pacitan Sugiharto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN — Salah seorang pengusaha ternama di Pacitan, Sugiharto, meminta agar Pemkab Pacitan dengan satuan tugasnya, agar lebih intensif lagi melakukan pemantauan terhadap perkumpulan masyarakat yang kian hari kian menjadi.

Mobilitas masyarakat saat ini kembali meningkat. Menurut Sugi, begitu pengusaha rental alat berat ini akrab disapa, ia sangat memaklumi sikap masyarakat yang mulai terkesan tak acuh dengan coronavirus.

“Sebab sudah selama hampir dua bulan ini, ekonomi mereka kacau. Mereka butuh makan, sehingga wajar kalau akhirnya mereka kembali beraktifitas karena kebutuhan yang terus meningkat,” ujarnya, Selasa (19/5/2020).

Melihat fenomena seperti itu, pemerintah diharapakan bisa hadir untuk memberikan sumbangsih kepada mereka. Jangan malah diurak-urak atau bahkan diancam. Saat ini mereka benar-benar lapar. Sementara bantuan pemerintah belum bisa memenuhi harapan mereka.

“Pemerintah harus fokus pada pangan rakyat. Insyaallah kalau rakyat kenyang, pasti akan sehat,” tuturnya.

Sugi berpendapat, agar masyarakat bisa berkembang, lebih baik pemerintah memberikan bantuan tunai. Kalau diwujudkan dalam bentuk sembako, selain banyak penyimpangan, juga kurang memenuhi harapan masyarakat.

“Kasih saja bantuan tunai, biar masyarakat yang ngatur sendiri. Nggak usah mikir dewan-dewan yang hanya bisa berkoar-koar dengan alasan kepentingan publik. Mereka cuma pingin proyek saja biar dapat keuntungan pribadi,” kritiknya, lantang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan