Terdampak COVID-19, Usaha Bengkel Mobil di Pacitan Sekarat

oleh -234 views
Jono, salah seorang pemilik bengkel mobil di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Dunia usaha jasa perbengkelan ikut sekarat, ditegah pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19) ini.

Hal itu seperti dialami Jono, salah seorang pemilik bengkel mobil di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan ini. Sudah hampir dua bulan, usaha bengkelnya, sepi pelanggan.

“Alhamdulillah, sudah beberapa bulan ini sepi nggak ada mobil yang datang ke bengkel,” tutur Jono, Jumat (15/5).

Menurut bapak empat anak ini, sebelum ada wabah COVID-19, usaha bengkelnya yang dirintis sejak beberapa tahun silam tersebut, laris manis tak pernah sepi pelanggan. Apalagi saat mendekati hari raya Idul Fitri, ia mengaku sempat kewalahan.

Akan tetapi, sekarang ini Jono lebih banyak nganggurnya. Sebab jarang sekali pemilik kendaraan yang menggunakan jasa servicenya.

“Kalau dulu sebelum ada wabah covid-19, banyak masyarakat yang service mobil, agar kondisinya fit saat digunakan bersilaturahmi ke sanak saudara. Tetapi tahun ini pemerintah kan mengimbau untuk tetap tinggal dirumah. Sehingga dampaknya, usaha bengkel kami sepi pelanggan,” keluhnya.

Pada lebaran tahun-tahun sebelumnya, bengkel miliknya selalu panen omzet. Sebab mulai H-15, antrian kendaraan sudah mengular di parkiran bengkel.

“Tapi sekarang hanya satu dua mobil. Bahkan sering nggak ada yang ke bengkel,” cerita pengusaha bengkel mobil asal Ngawi ini.

Jono hanya bisa berharap, wabah covid-19 bisa segera berlalu. Begitupun dengan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, bisa memperhatikan nasib pengusaha kecil seperti dirinya itu.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan