Satgas COVID-19 Pemkab Pacitan Lakukan RDT Terhadap Santri Temboro

oleh -13375 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Satuan gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, Senin (27/4/2020) hari ini melakukan rapid diagnostic test (RDT) terhadap 38 santri dan santriwati dari Pondok Pesantren Al-Fattah Temboro. Mereka itu termasuk orang tua dan penjemputnya.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, dari ke 38 orang tersebut, diantaranya dari Puskesmas Tanjungsari sebanyak 22, orang dan  hasilnya non reaktif.

Kemudian dari Puskesmas Kebonagung sejumlah 7 orang, semuanya non reaktif. Puskesmas Ngadirojo sejumlah 9 orang dan yang 8 non reaktif, namun satu orang diantaranya menunjukkan hasil reaktif.

“Bagi yang reaktif tersebut, besok akan dilakukan swab di RSUD dr Darsono Pacitan. Dan kepada yang bersangkutan, dianjurkan melakukan karantina mandiri di rumah,” katanya, Senin (27/4) petang.

Dengan adanya tambahan klater asal Temboro tersebut, diharapkan kepada masyarakat untuk lebih berhati -hati dalam menjaga kesehatan.

“Selalu hidup bersih dan sehat. Cuci tangan pakai sabun. Bekerja belajar dan beribadah di rumah. Jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Harus bermasker bila keluar rumah dan berinteraksi sosial. Khusus kepada para pedagang dan pembeli di pasar tradisional, diwajibkan harus memakai masker,” pesannya.

Rachmad menegaskan, gugus tugas masih terus melakukan RDT lanjutan terhadap santri dan santriwati.

“Besok masih akan dilanjutkan RDT terhadap para santri dan santriwati klaster Temboro,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan