Kepala UPT Puskesmas Tanjungsari Pacitan Tegaskan tak Lakukan Tracing di Dispendukcapil

oleh -13484 views
Kepala UPT Puskesmas Tanjungsari, drg Suprapti, saat melakukan klarifikasi di Dispendukcapil Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala UPT Puskesmas Tanjungsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, drg Suprapti, menegaskan, bahwa kehadiran dirinya bersama tim ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pacitan, bukan untuk melaksanakan tracing

Namun ia memastikan, hanya sekedar melakukan klarifikasi terhadap salah seorang personil di organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani administrasi kependudukan tersebut.

Hal itu dilakukan lantaran ada pemberitaan yang menginformasikan, kalau yang bersangkutan dikabarkan pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Provinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

“Kami ke Dispendukcapil Pacitan, bukan untuk melakukan tracing. Namun hanya klarifikasi,” kata Suprapti usai melakukan kunjungan ke Dispendukcapil Pacitan, Senin (20/4).

Hasil dari klarifikasi yang dilakukan, lanjut dia, salah seorang personil di Dispendukcapil itu, menyatakan kalau dirinya tidak pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19.

Meski yang bersangkutan mengaku memang sempat mendatangi pesta pernikahan salah seorang dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Dari keterangannya, ia memang sempat datang di pesta pernikahan salah seorang dosen UGM. Akan tetapi tidak pernah melakukan kontak langsung dengan pasien COVID-19 conform,” jelasnya.

Berangkat dari klarifikasi tersebut, Suprapti menegaskan, kalau tim tidak melakukan tracing. Menurutnya, tracing dilakukan, bukan didasarkan pada rumor yang berkembang. Namun harus dilandasi fakta-fakta, yang menyatakan kalau orang tersebut pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19.

 “Jadi kami hanya melakukan klarifikasi dan memberikan sosialisasi terkait penanganan dan pencegahan COVID-19,” jlentrehnya.

Suprapti juga menegaskan, kalau kondisi di Dispendukcapil Pacitan sudah sangat kondusif.

“Kami juga menekankan agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial ditengah wabah COVID-19 ini. Jangan menyebarkan berita bohong atau hoax terkait COVID-19,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan