Pasien Positif Corona di Pacitan Masih Tampak Segar Bugar, Masyarakat Diimbau Jangan Panik

oleh -13441 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19)  Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan jangan panik, seiring adanya satu warga Pacitan yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Saat ini, pasien tersebut masih menjalani masa isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan, dengan pengawasan ketat dari tim medis. Menurut Rachmad, pasien tersebut nampak segar bugar dan rutin menjalani terapi sesuai imbauan petugas medis.

Saat dihubungi melalui fasilitas video call, aplikasi chating WhatsApp messenger,  sambung Rachmad, pasien yang semula tercatat sebagai PDP ke empat tersebut, sangat tekun beribadah di ruang isolasi.

“Beliau selalu bersholawat, mengaji, dan juga bernyanyi kecil. Ini menunjukkan, gejala positif bahwa pasien tersebut secara fisik tidak mengalami kendala apapun. Karena itu, masyarakat jangan panik,” cerita Rachmad.

Kendati begitu, ia tetap mengimbau masyarakat jangan sampai lengah. Tetap kedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum makan atau sebelum menyentuh mulut, hidung serta mata.

“Begitupun ketika melakukan interaksi sosial, selalu jaga jarak fisik (physical distancing) dan sedapat mungkin hindari berkerumun dengan banyak pihak (social distancing),” imbau mantan Kepala Dinas Kesehatan ini.

Yang tak kalah pentingnya, sebagaimana inbauan juru bicara nasional percepatan penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto, dan juga badan kesehatan dunia (WHO), agar masyarakat selalu mengenakan masker.

“Baik dirumah, apalagi saat keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Lebih baik tetap tinggal dirumah (stay at home), dan jangan pergi kecuali ada keperluan mendesak,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan