Bupati Pacitan Salurkan Paket Beras untuk Tukang Becak Hingga PKL

oleh -13326 views
Bupati Pacitan Indartato menyerahkan bantuan sosial, Kamis (9/4/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato menyerahkan bantuan sosial kepada mereka yang terdampak secara ekonomi akibat wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) pada Kamis (9/4/2020).

Bantuan diserahkan langsung Bupati Pacitan Indartato bersama Forkopimda. Sebanyak 157 pedagang kaki lima, tukang becak dan abang ojek mendapat paket beras masing masing 10 kg.

“Tujuan kita untuk membantu meringankan beban mereka yang terdampak pandemi COVID-19,”kata Indartato, seperti dikutip dari siaran pers humas Pemkab Pacitan.

Baca juga: Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pacitan Bagikan 25 Ribu Paket Sembako Bagi Warga Terdampak

Menurut Indartato, sejak COVID-19 mewabah, para pedagang kaki lima, tukang becak dan tukang ojek banyak yang pendapatannya berkurang. Bahkan, ada yang terpaksa menutup usaha karena situasi dan kondisi saat ini. Padahal, mereka tidak termasuk yang terdata penerima bantuan karena sebelum pandemi dikategorikan produktif.

Sebagai antisipasi sosial dampak pandemi COVID-19, Pemkab telah menyiapkan beberapa langkah. Salah satunya melalui jaring pengaman sosial dengan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat.

Hanya saja kata bupati, pihaknya saat ini masih melakukan validasi data serta membahas kriteria yang tepat untuk calon penerima. “Kita ingin bantuan nanti tepat sasaran dan mari sama sama kita berdoa semoga semuanya ini segera berlalu,”pungkasnya.

Dalam penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Pacitan terus berusaha semaksimal mungkin meyesuaikan kemampuan.

Sesuai aturan pemerintah pusat, Pemkab juga telah melakukan realokasi dan refocusing anggaran khusus untuk penanganan pandemi. Sementara untuk kebutuhan pangan telah disiapkan cadangan beras sebanyak 60 ton.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan