Pacitan Siapkan 4.179 Ton Beras untuk Stok Ramadhan dan Lebaran

oleh -13257 views
Beras Miskin. (Foto : Bisnis.com)
Beras Miskin. (Foto : Bisnis.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Stok ketersediaan pangan untuk masyarakat Kabupaten Pacitan aman hingga tiga bulan ke depan. Cukup untuk kebutuhan ibadah bulan Ramadhan dan Lebaran ditengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang diikuti sejumlah Menteri terkait dan seluruh Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia.

Rakor tersebut digelar pada selasa (7/4/2020) kemarin melalui Video Conference dengan aplikasi Zoom di ruang rapat Bupati.

Seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Rabu (8/4/2020), stok ketersediaan pangan berupa beras saat ini mencapai 4.179 Ton dan jagung sebanyak 100 Ton.

Sementara, untuk dan daging sapi dan daging ayam justru mengalami surplus, berbanding terbalik dengan daging ayam yang saat ini mengalami defisit. “Tidak perlu khawatir, ketersediaan pangan cukup untuk masyarakat Kabupaten Pacitan,” ungkap Wabup.

Momentum panen di Kabupaten Pacitan sekarang menjadi alternatif cadangan pangan yang cukup besar.

Saat ini Kecamatan Kebonagung memulai panen, meski panen raya belum merata di semua wilayah. Hal tersebut membuat Dinas Pangan belum dapat mengkalkulasi cadangan penambahan ini.