Cegah Penyebaran Wabah DBD dan COVID-19, Sartono Hutomo Lakukan Fogging dan Penyemprotan Disinfektan

oleh -206 views
Tim dulur dhewe foundation Sartono Hutomo melakukan fogging cegah DBD.

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Komisi VII DPR R Sartono Hutomo menggelar bakti sosial kesehatan berupa pengasapan atau fogging gratis pada Rabu (8/4/2020) di Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.

Puluhan rumah dan pekarangan warga di Lingkungan Peden Kelurahan Ploso, Pacitan, menjadi sasaran Fogging dari Tim Sartono Dulur Dhewe bekerja sama dengan Yayasan Dulur Dhewe Foundation dan masyarakat sekitar. Tim juga mengasapi areal kosong dan parit yang ada di sekitar rumah warga.

Legislator Fraksi Demokrat Dapil VII Jatim ini menyampaikan pesan kepada segenap masyarakat utamanya di Dapilnya untuk selalu berhati – hati dan waspada menghadapi wabah DBD dan Corona. .

“Saya berharap dan berpesan kepada segenap masyarakat Dapil VII khususnya untuk selalu waspada hadapi Demam Berdarah, dan juga selalu waspada hadapi penyebaran Virus Covid-19 , ikuti anjuran resmi Pemerintah dan pihak terkait demi keselamatan kita bersama,” tutur Sartono.

Politisi Partai Demokrat itu mengadakan gerakan aksi sosial fogging dan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik. Ini sebagai upaya untuk mengurangi kepanikan dan kekhawatiran masyarakat akan bahayanya DBD dan penyebaran corona ini.

“Saya juga mengajak kepada segenap elemen masyarakat untuk saling bantu membantu dalam mengatasi penyebaran DBD dan virus ini,” harap Sartono.

Menurut Sartono, fogging adalah salah satu cara untuk membunuh dan memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebar virus DBD.

“Maka dari itu program kegiatan ini akan kami lakukan secara rutin tanpa harus menunggu masyarakat terkena DBD baru di Fogging. Dan harapan saya kepada masyarakat semua, tetap jaga kesehatan dan tetap waspada,”jelasnya.

Sementara, salah satu warga setempat, Waliyadi menyampaikan terimakasih atas fogging yang dilakukan oleh Sartono.

“Terima kasih atas fogging ini. fogging ini sangat mereka harapkan. Mereka juga kaget karena melihat kita melakukan sosialisasi langsung dengan mendatangi warga secara door to door,”ungkapnya.

Menurut Waliyadi, banyak warga yang meminta agar program ini bisa dilaksanakan setiap bulan. Setidaknya selama musim penghujan ini.

Tim dulur dhewe foundation Sartono Hutomo melakukan penyemprotan disinfektan cegah Corona.

Terpisah,  Direktur eksekutif Dulur Dhewe Foundation, Dyah Mentari Putri mengatakan kegiatan sosial fogging dan Penyemprotan Disinfektan serta pembagian masker dan sosialisasi ini dilakukan serentak di daerah pemilihan 7 jawa timur sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat.

“Sasaran aksi sosial ini adalah fasilitas umum yang sering di gunakan masyarakat untuk beraktifitas seperti mushola, masjid, sekolahan, balai desa dan fasilitas umum lainya. Saya berharap kegiatan yang dilakukan oleh Tim kami di Dapil bisa bermanfaat,” pungkasnya.

Selain aksi penyemprotan dan fogging, Tim Sartono Dulur Dhewe dan Dulur Dhewe Foundation juga melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat dengan membagikan stiker dan pamflet berupa seruan – seruan, anjuran seputar tanggap Covid -19. Sehingga masyarakat memiliki bekal menangkal virus corona ini.

Pada kesempatan tersebut, Tim dan Petugas mengimbau kepada seluruh warga Kelurahan Ploso yang telah menerima manfaat fogging ini untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan mereka, serta menjalankan pola hidup sehat.

“Kami imbau warga untuk tidak membuang sampahnya sembarangan. Khususnya sampah-sampah yang bisa menjadi tempat tergenangnya air, yang menjadi tempat sempurna bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak,” kata Ari Team Sartono Dulur Dhewe. (RAPP/AD)