Mulai Besok, Masyarakat Pacitan Wajib Memakai Masker

oleh -131.036 views
Ilustrasi masker wajah. (Foto: STR/AFP)

Pacitanku.com, PACITAN — Mulai besok Jumat (3/4/2020), semua masyarakat di Pacitan diwajibkan untuk memakai masker, saat keluar rumah atau tengah melakukan interaksi sosial.

Imbauan tersebut disampaikan, juru bicara penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Kamis (2/4).

“Semua tidak terkecuali, mulai besok wajib memakai masker ketika keluar rumah,” ujarnya.

Rachmad menyadari, saat ini masker sangat langka di pasaran. Kalaupun ada, harganya diluar wajar. Karena itu, gugus tugas mengimbau agar masyarakat bisa menggunakan masker berbahan kain.

“Masker kain banyak dijual dipasaran. Harganya per biji hanya Rp 5.000. Fungsi sama, untuk mengurangi risiko penularan COVID-19,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Menurut Rachmad, saat ini pandemi global virus SARS-CoV-2 kian menjadi. Hampir 185 negara terpapar infeksi coronavirus, dan jutaan nyawa melayang gegara serangan virus yang diklaim dari Wuhan Tiongkok tersebut.

Sedangkan di Indonesia sendiri, saat ini sudah tercatat sebanyak 1.790 orang yang positif terinfeksi COVID-19.

“Untuk itu, masker dipandang sebagai salah satu cara untuk lebih meminimalisir penularan. Selain juga prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan physical distancing,” tegasnya.

Pada tahap awal ini, kewajiban memakai masker baru sebatas imbauan.

“Kita masih persuasif. Tapi nanti akan dilaksanakan tindakan represif bagi yang tidak patuh,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan